• Login
    View Item 
    •   Home
    • UNDERGRADUATE THESES (Koleksi Skripsi Sarjana)
    • UT-Faculty of Teacher Training and Education
    • View Item
    •   Home
    • UNDERGRADUATE THESES (Koleksi Skripsi Sarjana)
    • UT-Faculty of Teacher Training and Education
    • View Item
    JavaScript is disabled for your browser. Some features of this site may not work without it.

    PENINGKATAN AKTIVITAS DAN HASIL BELAJAR SISWA DALAM MATA PELAJARAN IPA MATERI POKOK ENERGI PANAS DAN BUNYI MELALUI METODE EKSPERIMEN DENGAN MENGGUNAKAN MEDIA PETA KONSEP PADA SISWA KELAS IV SDN 4 PATOKAN SITUBONDO TAHUN AJARAN 2012/2013

    Thumbnail
    View/Open
    Nita Dwi Lestari - 070210204295_1.pdf (244.3Kb)
    Date
    2015-03-06
    Author
    Nita Dwi Lestari
    Metadata
    Show full item record
    Abstract
    Peningkatan Aktvitas dan Hasil Belajar Siswa Dalam Mata Pelajaran IPA Materi Pokok Energi Panas dan Bunyi Melalui Metode Eksperimen dengan Menggunakan Media Peta Konsep Pada Siswa Kelas IV SDN 4 Patokan Situbondo Tahun Ajaran 2012/2013”; Nita Dwi Lestari; 070210204295; 2013: 52 halaman; Program Studi Pendidikan Guru Sekolah Dasar Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan Universitas Jember. Pembelajaran di SDN 4 Patokan masih menerapkan metode konvensional yang mengakibatkan pembelajaran bersifat monoton sehingga suasana pembelajaran kurang kondusif. Siswa kurang memahami materi yang diajarkan dan hasil belajar siswa tidak berjalan secara maksimal, sehingga berdampak pada rendahnya aktivitas dan hasil belajar siswa. Rumusan masalah dalam penelitian ini adalah : bagaimanakah peningkatan aktvitas dan hasil belajar siswa dalam mata pelajaran IPA materi pokok energi panas dan bunyi melalui metode eksperimen dengan menggunakan media peta konsep pada siswa kelas IV SDN 4 Patokan Situbondo Tahun Ajaran 2012/2013”?. Penelitian ini bertujuan : untuk meningkatkan aktivitas dan hasil belajar siswa kelas IV SDN 4 Patokan Situbondo pada mata pelajaran IPA pokok bahasan energi panas dan bunyi. Penelitian ini adalah penelitian tindakan kelas yang dilaksanakan di SDN 4 Patokan Kecamatan Situbondo Kabupaten Situbondo, pada semester genap tahun pelajaran 2012/2013. Subjek dalam penelitian ini adalah siswa kelas IV SDN 4 Patokan sejumlah 23 orang siswa. Pelaksanaan pembelajaran dimulai tanggal 11 sampai 20 Januari 2012. Data dalam penelitian dikumpulkan dengan metode observasi, wawancara, tes dan dokumentasi. Rancangan penelitian dilakukan dengan menggunakan siklus model dari Hopkins. Data dianalisis menggunakan deskriptif dari hasil observasi dan wawancara. x Hasil penelitian tindakan kelas diperoleh aktivitas pada siklus I sebesar 70% dan pada siklus II meningkat menjadi 87 %. Apabila disesuaikan dengan kriteria aktivitas siswa tergolong kategori sangat aktif. Sedangkan pada hasil belajar siklus I sebesar 65,21% dan pada siklus II meningkat menjadi 86,95%s Dari hasil perhitungan tersebut menunjukkan aktivitas siswa dan hasil belajar siswa mengalami peningkatan dari siklus I sampai dengan siklus II. Kesimpulan dari penelitian ini adalah metode eksperimen dengan menggunakan media peta konsep pada mata pelajaran IPA pokok bahasan energi panas dan bunyi maka aktivitas dan hasil belajar siswa kelas IV SDN 4 Patokan Kecamatan Situbondo akan meningkat.Saran dari penelitian ini adalah dengan adanya peningkatan aktivitas dan hasil belajar siswa, setidaknya metode eksperimen dengan menggunakan media peta konsep dapat dijadikan alternatif dalam proses pembelajaran khususnya pada mata pelajaran IPA di sekolah.
    URI
    http://repository.unej.ac.id/handle/123456789/61586
    Collections
    • UT-Faculty of Teacher Training and Education [15435]

    UPA-TIK Copyright © 2024  Library University of Jember
    Contact Us | Send Feedback

    Indonesia DSpace Group :

    University of Jember Repository
    IPB University Scientific Repository
    UIN Syarif Hidayatullah Institutional Repository
     

     

    Browse

    All of RepositoryCommunities & CollectionsBy Issue DateAuthorsTitlesSubjectsThis CollectionBy Issue DateAuthorsTitlesSubjects

    My Account

    LoginRegister

    Context

    Edit this item

    UPA-TIK Copyright © 2024  Library University of Jember
    Contact Us | Send Feedback

    Indonesia DSpace Group :

    University of Jember Repository
    IPB University Scientific Repository
    UIN Syarif Hidayatullah Institutional Repository