IMPLEMENTASI BAURAN PEMASARAN PADA PT. CARTENZ INDONESIA CABANG JEMBER IMPLEMENTASI BAURAN PEMASARAN PADA PT. CARTENZ INDONESIA CABANG JEMBER PADA PT. CARTENZ INDONESIA CABANG JEMBER
Abstract
Implementasi Bauran Pemasaran Pada PT. Cartenz Indonesia Cabang
Jember;
Hafiz Lukman Hakim; 070910202025; 2014; 73 halaman; Program
Studi Ilmu Administrasi Bisnis Jurusan Ilmu Administrasi Fakultas Ilmu Sosial
dan Ilmu Politik Universitas Jember
Tujuan penelitian ini untuk mengetahui implementasi bauran pemasaran
pada PT. Cartenz Indonesia cabang Jember. Strategi pemasaran digunakan untuk
menarik dan mempertahankan pelanggan dalam persaingan termasuk ada bisnis
ritel. Tipe penelitian ini menggunakan metode kualitatif dengan pendekatan
deskriptif. Teknik pengumpulan data menggunakan metode observasi dan metode
wawancara mendalam dan tidak terstruktur serta dokumentasi,
menggunakanteknik keabsahan data, teknik analisi data, dan penarikan
kesimpulan.
Hasil penelitian menunjukkan bahwa strategi pemasaran yang dilakukan
mempunyai tujuan untuk menarik dan mempertahankan pelanggan serta membuat
citra baik ada PT. Cartenz Indonesia cabang Jember. Strategi pemasaran yang
dilakukan meliputi 4P bauran pemasaran, yaitu : produk yang dijual bermacammacam
dan
mengikuti
mode
yang
sedang
berkembang
sehingga
pelanggan
dapat
memilih
sesuai dengan seleranya; harga yang ditawarkan masih terjangkau oleh
masyarakat karena harga yang ditawarka dari mulai paling murah sampai paling
mahal; distribusi setiap minggu dari pabrik pusat yang berada di Solo sampai pada
toko di cabang-cabang melalui sistem ekspedisi sesuai dengan jumlah barang
yang dikirim; promosi yang dilakukan adalah pemasangan banner, penyebaran
brosur, pemberian diskon sampai pemberian kartu
member.