| dc.description.abstract | Diksi  adalah  pilihan  kata  yang  digunakan  oleh  penutur  untuk  menyampaikan 
ide  kepada  pendengar. Gaya bahasa dapat  dikatakan  sebagai  cara  mengungkapkan 
pikiran  melalui  bahasa  secara  khas  yang  memperlihatkan  jiwa  dan  kepribadian 
pembicara  atau  penulis. Membawakan  sebuah  acara  adalah  salah  satu  keterampilan 
berbicara.  Diksi  dan  gaya  bahasa  mutlak  dikuasai  seseorang  agar  mampu 
memepersuasi dan meyakinkan lawan bicara. Alasan mengkaji diksi dan gaya bahasa 
leader dalam bisnis Tianshi adalah mengingat pentingnya pilihan kata yang digunakan 
oleh  penutur  dalam  suatu  acara  presentasi  bisnis.  Hal  ini  juga  yang  memberikan
pengaruh  besar  karena  setiap  kata yang  digunakan  penutur diusahakan  mampu 
menciptakan  suasana  kebersamaan  yang  dialogis.  Suasana  dimana  terciptakan  emosi 
yang terkendali dan menjadi kekuatan pengikat antara penutur dengan pendengarnya.
Suatu pembicaraan akan lebih menarik apabila terjadi komunikasi dialogis. Dipilihnya
bisnis Tianshi sebagai objek penelitian ini berdasarkan hasil temuan yang didapatkan 
pada  observasi  awal,  yaitu  dalam  tuturan  leader bisnis  Tianshi  tersebut  ditemukan 
diksi  dan  gaya  bahasa  yang  bervariasi.  Kajian  ini  difokuskan  pada  pembahasan 
mengenai  diksi  dan  gaya  bahasa.  Pembahasan  yang  dikaji  terdiri  atas  tiga  masalah 
yaitu:  1)  bagaimanakah  penggunaan  diksi  yang  dipakai  leader dalam  bisnis  Tianshi, 
2) bagaimanakah penggunaan gaya bahasa  yang dipakai leader dalam bisnis  Tianshi, 
dan 3) bagaimanakah pemanfaatan diksi dan gaya bahasa leader dalam bisnis Tianshi
untuk  pembelajaran  berpidato  di  SMA.  Adapun  tujuan  yang  ingin  dicapai  dalam 
penelitian ini adalah 1) mendeskripsikan penggunaan diksi yang dipakai leader dalam  bisnis  Tianshi,  2)  mendeskripsikan  penggunaan  gaya  bahasa  yang  dipakai  leader
dalam  bisnis  Tianshi,  dan  3)  mendeskripsikan  pemanfaatan  diksi  dan  gaya bahasa 
leader dalam bisnis Tianshi untuk pembelajaran berpidato di SMA.
Rancangan penelitian yang digunakan adalah kualitatif. Jenis penelitian adalah 
deskriptif.  Teknik pengumpulan  data  yang  digunakan  dalam  penelitian  ini  adalah 
teknik  dokumentasi dan  teknik  simak  catat. Analisis  data  dilakukan  dengan 
menggunakan metode  deskriptif kualitatif, yang terdiri dari tiga proses  yaitu reduksi 
data, penyajian data, dan penarikan kesimpulan. 
Hasil  penelitian  menunjukkan  bahwa  diksi  yang  digunakan  leader dalam 
bisnis  Tianshi  yaitu  meliputi  penggunaan  denotatif dan  konotatif,  penggunaan  kata 
umum dan kata khusus, penggunaan kata ilmiah dan kata popular.
Hasil  penelitian  menunjukkan  bahwa  gaya  bahasa  yang  digunakan  leader
dalam  bisnis  Tianshi  yaitu  meliputi  gaya  bahasa  klimaks,  antiklimaks,  pararelisme, 
antitesis, repetisi, metafora, sinekdoke, dan gaya bahasa retoris.
Melalui  hasil  penelitian  ini  juga  menunjukkan  bahwa diksi  dan  gaya bahasa 
leader dalam  bisnis  Tianshi juga  dapat  dimanfaatkan  sebagai  salah  satu  alternatif 
pengembangan  materi  pembelajaran  berpidato  di  SMA sehingga  siswa  mampu 
menggunakan diksi dan gaya bahasa yang tepat dalam berpidato.
Berdasarkan  hasil  penelitian,  dapat  diberikan  saran:  1)  bagi  mahasiswa  FKIP 
Program  Studi  Pendidikan  Bahasa  dan  Sastra  Indonesia,  disarankan  agar  dapat 
memanfaatkan  hasil  penelitian  ini  untuk menambah  pengetahuan  khususnya  dalam 
mata  kuliah  retorika, 2) bagi  guru  Bahasa  Indonesia, disarankan  untuk  dapat 
menggunakan penelitian  ini  sebagai  alternatif  pengembangan  materi  pembelajaran 
bahasa Indonesia khususnya keterampilan berbicara, dan 3) bagi peneliti selanjutnya, 
disarankan dapat  mengembangkan  penelitian  yang lebih  luas,  yaitu  meneliti  cakupan 
diksi dan gaya bahasa lain atau bisa juga meneliti dengan fokus penelitian yang sama 
tetapi  pembahasannya  lebih  dirinci  untuk  menambah  khasanah  pengetahuan  tentang 
diksi dan gaya bahasa. | en_US |