EFEKTIFITAS METODE CERAMAH-DISKUSI DENGAN METODE DISKUSI-CERAMAH PADA PENGAJARAN REMEDI POKOK BAHASAN GELOMBANG SISWA SLTP NEGERI 1 GUMUKMAS JEMBER KELAS II SEMESTER I TAHUN AJARAN 2002/2003
Abstract
Dalam kegiatan pembelajaran salah satu aspek yang sangat bcrperan
adalah metode baik itu dalarn kegiatan pengajaran biasu maupun dalam kcgiatan
pengajaran remedi. Dalarn melaksanaan pengajaran remedi harus mempcrhatikan
metode mana yang paling efektif dan paling sesuai agar dalam pembelajaran nanti
akan mendapatkan atau mencapai tujuan yang diharapkan dan pcngajaran yang
dilakukan tidak percuma. Permasalahan dari penelitian ini yaitu : manakah yang
lebih efektif antara pengajaran remedi yang menggunakan metode ceramahdiskusi
dengan metode diskusi-ceramah pada pengajaran remedi. Tujuan penelitian ini adalah : untuk mengetahui manakah yang lebih efektif antara pengajaran remedi yang menggunakan metode ceramah-diskusi dengan metode diskusi-ceramah. Adapun manfaat dari penelitian ini yaitu memberikan masukkan para guru agar meningkatkan proses belajar mengajar dengan ketuntasan belajar dan tepat dalam mengambil metode sehingga proses kegiatan belajar mengajar dapat berjalan dengan cepat dan tujuan dapat tercapai. Pengumpulan data yang digunakan yaitu : tes, dokumentasi, observasi dan interviu. Analisis data ini : menggunakan ttess dan uji efektifitas. Dari hasil analisis data dapat disimpulkan bahwa lebih efektif pengajaran remedi yang menggunakan metode diskusiceramah dibandingkan dengan pengajaran remedi yang menggunakan metode ceramah-diskusi, efektifitas metode ceramah-diskusi sebesar 63,261 % dan efektifitas metode diskusi-ceramah sebesar 80,447 %.
Collections
- UT-Faculty of Law [6214]