PENINGKATAN KEMAMPUAN BERCERITA DENGAN MEDIA BUKU BERGAMBAR SISWA KELAS IV SDN JOMBANG 03
Abstract
Keterampilan berbicara merupakan salah satu pembelajaran bahasa
Indonesia, selain membaca menulis dan menyimak. Keterampilan berbicara salah
satunya adalah bercerita. Bercerita termasuk keterampilan berbicara yang harus
diarahkan untuk meningkatkan kemampuan siswa dalam berbahasa. Dari hasil
observasi di SDN Jombang 03, ditemukan hasil kemampuan berbicara siswa
masih rendah khususnya dalam hal bercerita. Pada saat siswa ditugaskan untuk
bercerita di depan kelas siswa masih belum bisa mengungkapkan apa yang ingin
diceritakan, dan siswa masih kesulitan dalam mengungkapkan ide dan
gagasannya.
Media gambar adalah sebuah media pembelajaran yang paling sederhana
yang dapat digunakan sebagai salah satu strategi untuk melatih keterampilan
bercerita. Media gambar sangat menarik untuk siswa. Dengan mengamati gambar
yang terdapat di dalam media gambar, siswa dapat dengan mudah
mengungkapkan ide dan gagasannya. Selain itu gambar bukanlah hal yang asing
bagi siswa dan lebih mudah membantu siswa memperjelas pemahaman tentang
materi pelajaran.
Rumusan masalah dalam penelitian ini adalah: (1) bagaimanakah
penggunaan media buku bergambar yang dapat meningkatkan kemampuan
bercerita pada siswa kelas IV SDN Jombang 03; (2) bagaimanakah peningkatan
kemampuan bercerita siswa kelas IV SDN Jombang 03 setelah dilakukan
pembelajaran dengan media buku bergambar. Tujuan dari penelitian adalah: (1)
mendeskripsikan penggunaan media buku bergambar yang dapat meningkatkan
ix
kemampuan bercerita siswa kelas IV SDN Jombang 03; (2) meningkatkan
kemampuan siswa kelas IV SDN Jombang 03 setelah dilakukan pembelajaran
dengan media buku bergambar.