dc.description.abstract | Masalah pembelajaran tennasuk salah satu masalah yang banyak
diperbincangkan oleh para ahli pendidikan, khususnya para guru yang sehari-hari
terlibat dalam proses pendidikan di sekolah, dalam mencapai pembelajaran yang
baik diperlukan penekanan terhadap konsep dan metode yang cocok dalam
melakukan proses belajar mengajar. Adapun masalah dalam penelitian ini adalah
adakah perbedaan antara siswa yang diberi tugas merangkum disertai latjhan soal
dengan siswa yang diberi latihan soal tanpa disertai tugas merangkum serta
seberapakah efektifitasnya. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui
perbedaan hasil belajar fisika siswa yang diberi tugas merangkum disertai latihan
soal dengan siswa yang diberi latihan soal tanpa disertai tugas merangkum dan
untuk mengetahui besarnya efektifitas hasil belajar fisika siswa yang diberi tugas
merangkwn disertai latihan soal dengan siswa yang diberi latihan soal tanpa
disertai tugas merangkum. Responden dalam penelitian yaitu SMU Negeri 5
Jember yang terdiri dari empat kelas dan diambil dua kelas secara acak setelah
dilakukan uji homogenitas terhadap empat kelas yang ada, yaitu kelas I1 sebagai
kelas kontrol dan kelas l2 sebagai kelas eksperimen. Metode pengumpulan data
dengan rnenggunakan observasi, dokumentasi, interview dan tes. untuk
mengetahui ada tidaknya perbedaan digunakan rumus ttes Yang hasilnya 3,73 untuk
tes sedangkan untuk ttabel adalah 1,99 untuk harga efektifitasnya sebesar 28,42%
karena ttes > ttabel maka dapat disimpulkan ada perbedaan antara hasil belajar siswa
yang diberi tugas merangkum disertai lartihan soal dan siswa yang diberi latihan
soal tanpa disertai tugas merangkum , serta pemberian tugas merangkum disertai
latihan soal cukup efektif dibandingkan dengan pemberian latihan soal tanpa
disertai tugas merangkum | en_US |