• Login
    View Item 
    •   Home
    • UNDERGRADUATE THESES (Koleksi Skripsi Sarjana)
    • UT-Faculty of Law
    • View Item
    •   Home
    • UNDERGRADUATE THESES (Koleksi Skripsi Sarjana)
    • UT-Faculty of Law
    • View Item
    JavaScript is disabled for your browser. Some features of this site may not work without it.

    PEMBERIAN TES PENGETAHUAN AWAL SISWA DALAM PEMBELAJARAN FISIKA (Studi Komparatif Hasil Belajar Fisika Antara Siswa Yang Dibari Tes Pengetahuan Awal Dengan Siswa Yang Tidak Diberi Tes Pengetahuan Awal Pokok Bahasan Bunyi Pada Siswa Kelas II Semester 3 Di SLTPN 3 jember)

    Thumbnail
    View/Open
    fitri Amaliyah_Irh.pdf (1.592Mb)
    Date
    2015-02-16
    Author
    Fitri Amaliyah
    Metadata
    Show full item record
    Abstract
    Tes Pengetahuan awal adalah salah satu metode yang digunakan untuk membantu proses pembelajaran, terutama untuk meningkatkan prestasi belajar siswa. Dimana tes pengetahuan awal ini adalah tes yang diberikan kepada siswa dengan tujuan untuk mengetahui kesiapan siswa terhadap materi yang akan diberikan. Masalah yang kemudian muncul adalah, adakah perbedaan yang signifikan antara prestasi belajar siswa yang diberi tes penget:ahuan awal dengan siswa yang tidak diberi tes penget:ahuan awal? Manakah yang lebih baik prestasi belajar siswa yang diberi tes pengetahuan awal ataukah siswa yang tidak diberi tes pengetahuan awal ? Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui perbedaan yang signifikan antara prestasi belajar siswa yang diberi tes pengetahuan awal dengan siswa yang tidak diberi tes pengetahuan awal dan manakah yang lebih baik prestasi belajar siswa yang diberi tes pengetahuan awal ataukah siswa yang tidak diberi tes pengetahuan awal. Penelitian ini termasuk jenis penelitian tindakan kelas (PTK). Sedangkan metode yang digunakan untuk mendapatkan data adalah metode tes, interview, dokumentasi, dan observasi. Untuk pelaksanaannya dari seluruh populasi kelas 2 yang terdiri dari 4 kelas diambil 2 kelas secara acak setelah melalui uji homogenitas, yaitu I kelas dijadikan kelas kontrol dan satu kelas yang lain dijadikan kelas eksperimen. Pada kelas eksperimen (kelas II-C) diberi perlakuan yaitu berupa tes pengetahuan awal yang disertai dengan post-tes sedangkan untuk kelas control (II-A) diberi perlakuan berupa post-tes saja. Metode analisa yang digunakan pada pokok permasalahan satu adalah dengan metode T -tes, sedangkan untuk menjawab pokok masalah yang kedua adalah dengan menggunakan analisa grafik. Hasil dari penelitian ini adalah: 1) Tidak ada pebedaan yang signifikan pada prestasi belajar siswa yang diberi tes pengetahuan awal dengan siswa yang tidak diberi tes pengetahuan awal, 2)Pemberian tes pengetahuan awallebih baik dari pada tanpa tes penget:ahuan awal.
    URI
    http://repository.unej.ac.id/handle/123456789/61353
    Collections
    • UT-Faculty of Law [6287]

    UPA-TIK Copyright © 2024  Library University of Jember
    Contact Us | Send Feedback

    Indonesia DSpace Group :

    University of Jember Repository
    IPB University Scientific Repository
    UIN Syarif Hidayatullah Institutional Repository
     

     

    Browse

    All of RepositoryCommunities & CollectionsBy Issue DateAuthorsTitlesSubjectsThis CollectionBy Issue DateAuthorsTitlesSubjects

    My Account

    LoginRegister

    Context

    Edit this item

    UPA-TIK Copyright © 2024  Library University of Jember
    Contact Us | Send Feedback

    Indonesia DSpace Group :

    University of Jember Repository
    IPB University Scientific Repository
    UIN Syarif Hidayatullah Institutional Repository