HUBUNGAN ANTARA TUGAS MEMBUAT PETA KONSEP DENGAN HASIL BELAJAR FISIKA SISWA ( Studi Korelasi Siswa Kelas 2 Semester IV Sub Pokok Bahasan Cahaya SLTP Negeri I Jember Tahun Ajaran 2002/2003)
Abstract
Peta konsep merupakan suatu bentuk diagram keterkaitan konsep yang
membentuk suatu proposisi (gagasan). Dengan peta konsep siswa dapat lebih
mudah memahami keterkaitan konscp, dari konscp yang Ielah diajarkan dengan
konsep yang baru diajarkan sehingga dengan peta konsep diharapkan dapat
membantu dalarn meningkatkan hasil belajar siswa terutarna pelajaran fisika.
Rumusan masalah dalam penelitian ini adalah: l ). Adakah hubungan yang
signifikan antara tugas membuat peta konsep dcngan hasil belajar fisika siswa. 2).
Sejauh mana hubungan antara tugas membuat peta konsep dengan hasil belajar
fisika siswa. Sedangkan tujuan dalam penelitian ini adalah: 1 ). Untuk mengetahui
hubungan yang signifikan antara tugas membuat peta konsep dengan hasil belajar
fisika siswa. 2). Untuk mengetahui sejauh mana hubungan antara tugas membuat
peta konsep dengan hasil belajar tisika siswa. Dcsain Penelitian yang digunakan
adalah Korelasi X Y, dirnana X adalah nilai tugas membuat peta konsep dan Y
adalah nilai ulangan harian. Teknik pengumpulan data dengan menggunakan
observasi, wawancara (interviu), dokumentasi, pemberian tugas dan tes. Metode
analisa data yang digunakan adalah dengan korelasi product moment untuk
menentukan hubungan antara tugas membuat peta konsep dengan hasil belajar
fisika siswa. Hasil analisis data menunjukkan bahwa ada hubungan yang
signifikan antara tugas membuat peta konsep dengan hasil belajar fisika siswa
sebesar 0,704 yang artinya ada hubungan tinggi. Kesimpulan yang diperoleh
adalah: 1 ). Ada hubungan yang signifikan antara hasil belajar fisika siswa melalui
tugas membuat peta konsep. 2). Berdasarkan tabel interpretasi terdapat hubungan
yang tinggi antara hasil belajar fisika siswa melalui tugas membuat peta konsep
dengan nilai 0.704.
Collections
- UT-Faculty of Law [6257]