dc.description.abstract | Keberhasilan dalam proses belajar mengajar, khususnya fisika masih dianggap
kurang. Dalam mempelajari fisika seorang siswa dituntut untuk mengembangkan
pol a pikir yang kreatif. Model dalam pembelajaran fisika mempengaruhi terhadap
basil belajar fisika. Penggunaan LKS dengan wacana isu dalam pembelajaran
fisika dengan pendekatan Sains Teknologi Masyarakat (STM) kajian pada pokok
bahasan gelombang melibatkan pengetahuan yang berhubungan dengan kejadian
sehari-hari yang muncul dalam bentuk isu-isu masyarakat yang terkait dengan
teknologi dan sainsnya. Maka masalah yang diajukan dalam penelitian ini adalah
bagaimana efektifitas penggunaan LKS dengan wacana isu dalam pembelajaran
fisika dengan pendekatan sains teknologi masyarakat (STM) kajian pada pokok
bahasan gelombang ? Tujuan dari penelitian ini untuk mengetahui efektifitas
penggunaan LKS dengan wacana isu dalam pembelajaran fisika dengan
pendekatan sains teknologi masyarakat (STM) kajian pada pokok bahasan
gelombang. Pemilihan sampel dengan metode random sampling dengan teknik
undian. Sampel yang terpilih akan menjadi kelas eksperimen, yaitu kelas IIC.
Metode pengumpulan data dengan dokumentasi, observasi, wawancara dan tes
yaitu pre-test, dan post-test. Analisa data dengan uji efektifitas menghasilkan
efektifitas sebesar 95,52%. Hasil tersebut berdasarkan kriteria efektifitas maka
penggunaan LKS dengan wacana isu dalam pembelajaran fisika dengan
pendekatan Sains Teknologi Masyarakat kajian pada pokok bahasan gelombang
adalah sangat efektif. | en_US |