STUDI KOMPARATIF HASIL BELA,JAR FISIKA ANTARA YANG DIAJAR MENGGUNAKAN PENDEKATAN EKSPOSITORI DENGAN PENDEKATAN KETERMAPilAN PROSES (Bahan Kajian Fluida Bergerak Siswa Kelas I Caturwulan II SMU Negeri I Arjasa Tahun Ajaran 2001/2002)
Abstract
Kegiatan pernbelajaran mcrupakan kcgiatan palmg pokok dari keseluruhan
proses pendidikan di sekolah. Sedangkan tinggi rendahnya hasil belajar siswa
dipengaruhi oleh banyak faktor salah satunya adalah pendekatan pembelajaran.
Sehingga guru harus dapat menggunakan pendekatan pembelajaran yang bervariasi.
maka masalah yang diajukan dalam penelitian ini adalah: (a) adakah perbedaan hasil
belajar fisika antara yang diajar dengan menggunakan pendekatan ekspositori dan
yang ntenggunakan pendekatan keterampilan proses bahan kajian FIuida Bergerak
siswa kelas 1 catur wulan II SMU Negeri 1 Arjasa Jember tahun ajaran 2001 /2002, (b)
manakah yang lebih efektif antara yang diajar dengan menggunakan pendekatan
ekspostori dan yang mcnggunakan pendekatan keterampilan proses. Tujuan
penelitian ini adalah untuk mengetahui : (a) perbedaan hasil belajar fisika yang diajar
menggunakan pendekatan ekspositori dan pendekatan keterampilan proses pada siswa
kelas I catur wulan II SMU Negeri I Arjasa Jember tahun ajaran 2001 /2002, (b) basil
belajar fisika yang lebih efektif antara yang diajar menggunakan pendekatan
ekspositori dengan pendekatan keterampilan proses. Penentuan daerah dengan
menggunakan cluster random sampling dengan teknik undian yang terlebih dahulu
dilakukan uji homogenitas dan diperoleh responden penelitian kelas 1-1 (eksperimen
I) dan kelas 1-2 ( eksperimen II). Metode pengumpulan data dengan meggunakan
dokumentasi, interviu, dan tes. Analisa data menggunakan t-tes dan uji efektifitas
kemudian diperoleh hasil t-tes sebesar 5,72 dan dapat disimpulkan bahwa pendekatan
keterampilan proses efektif daripada pendekatan ekspositori sebesar 15,64 %.
Collections
- UT-Faculty of Law [6214]