• Login
    View Item 
    •   Home
    • UNDERGRADUATE THESES (Koleksi Skripsi Sarjana)
    • UT-Faculty of Law
    • View Item
    •   Home
    • UNDERGRADUATE THESES (Koleksi Skripsi Sarjana)
    • UT-Faculty of Law
    • View Item
    JavaScript is disabled for your browser. Some features of this site may not work without it.

    STUDI KOMPARATIF HASIL BELA,JAR FISIKA ANTARA YANG DIAJAR MENGGUNAKAN PENDEKATAN EKSPOSITORI DENGAN PENDEKATAN KETERMAPilAN PROSES (Bahan Kajian Fluida Bergerak Siswa Kelas I Caturwulan II SMU Negeri I Arjasa Tahun Ajaran 2001/2002)

    Thumbnail
    View/Open
    Yuli ineke Indrawati_irh.pdf (1.846Mb)
    Date
    2015-02-16
    Author
    Yuli Ineke Indrawati
    Metadata
    Show full item record
    Abstract
    Kegiatan pernbelajaran mcrupakan kcgiatan palmg pokok dari keseluruhan proses pendidikan di sekolah. Sedangkan tinggi rendahnya hasil belajar siswa dipengaruhi oleh banyak faktor salah satunya adalah pendekatan pembelajaran. Sehingga guru harus dapat menggunakan pendekatan pembelajaran yang bervariasi. maka masalah yang diajukan dalam penelitian ini adalah: (a) adakah perbedaan hasil belajar fisika antara yang diajar dengan menggunakan pendekatan ekspositori dan yang ntenggunakan pendekatan keterampilan proses bahan kajian FIuida Bergerak siswa kelas 1 catur wulan II SMU Negeri 1 Arjasa Jember tahun ajaran 2001 /2002, (b) manakah yang lebih efektif antara yang diajar dengan menggunakan pendekatan ekspostori dan yang mcnggunakan pendekatan keterampilan proses. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui : (a) perbedaan hasil belajar fisika yang diajar menggunakan pendekatan ekspositori dan pendekatan keterampilan proses pada siswa kelas I catur wulan II SMU Negeri I Arjasa Jember tahun ajaran 2001 /2002, (b) basil belajar fisika yang lebih efektif antara yang diajar menggunakan pendekatan ekspositori dengan pendekatan keterampilan proses. Penentuan daerah dengan menggunakan cluster random sampling dengan teknik undian yang terlebih dahulu dilakukan uji homogenitas dan diperoleh responden penelitian kelas 1-1 (eksperimen I) dan kelas 1-2 ( eksperimen II). Metode pengumpulan data dengan meggunakan dokumentasi, interviu, dan tes. Analisa data menggunakan t-tes dan uji efektifitas kemudian diperoleh hasil t-tes sebesar 5,72 dan dapat disimpulkan bahwa pendekatan keterampilan proses efektif daripada pendekatan ekspositori sebesar 15,64 %.
    URI
    http://repository.unej.ac.id/handle/123456789/61342
    Collections
    • UT-Faculty of Law [6319]

    UPA-TIK Copyright © 2024  Library University of Jember
    Contact Us | Send Feedback

    Indonesia DSpace Group :

    University of Jember Repository
    IPB University Scientific Repository
    UIN Syarif Hidayatullah Institutional Repository
     

     

    Browse

    All of RepositoryCommunities & CollectionsBy Issue DateAuthorsTitlesSubjectsThis CollectionBy Issue DateAuthorsTitlesSubjects

    My Account

    LoginRegister

    Context

    Edit this item

    UPA-TIK Copyright © 2024  Library University of Jember
    Contact Us | Send Feedback

    Indonesia DSpace Group :

    University of Jember Repository
    IPB University Scientific Repository
    UIN Syarif Hidayatullah Institutional Repository