PERBANDINGAN HASIL BELAJAR SISWA PADA MATA PELAJARAN FISIKA YANG DIAJAR MENGGUNAKAN METODE CERAMAH DISERTAI MEDIA KARTUN DENGAN PENGAJARAN MODUL (Studi pokok bahasan kinematika gerak lurus pada siswa kelas 1.4 dan 1.5 cawu I SMUN 2 Tanggul Jember Tahun Pelajaran 2000 I 2001)
Abstract
Berbagai macam faktor yang mempengaruhi hasil bebjar, salah satl.4
diantaranya arJalah metode mengajar. Semakin baik dan tepat seorang guru
memilih metode mengajar dalam proses belajar mengajar, maka memungkinkan
semakin tinggi hasil yang dicapai dalam belajar. Begitu pula sebatiknya.
Selama ini metode yang banyak digunakan di sekolah-sekolah adalah
metode ceramah, karena itu siswa cenderung bosan. Untuk mengatasi kebosanar.
siswa itu peneliti mencoba menggabungkan antara metode ceramah disertai media
kartun. Peneliti juga membandingkan antara metode ceramah disertai media
kartun dengan pengajaran modul yang selama ini juga masih jarang diterapkan di
sekolah.
Jadi pcnclitian ini mempunyai tujuan: I . ingin mengetahui adalah
perbedaan hasil belajar siswa pada mata pelajaran fisika yang diajar menggunak:m
metode ceramah disertai media kartun dengan pengajaran modul pokok bahasan
kinematika gerak lurus untuk siswa kelas 1.4 dan 1.5 cawu 1 SMUN 2 Tanggul
tahun pelajaran 2000/200 I . 2. ingin mengetahui manakah yang lebih baik hasil
belajar siswa pada mala pelajaran fisika yang diajar menggunakan metode
ceramah disenai media kartun dcngan pengajaran modul pokok bahasan
kinemalika gerak lurus untuk siswa kelas 1.4 dan 1.5 cawu I SMUN 2 Tanggul
Unluk menemukan jawaban pennasalahan, diawali dengan mengkaji teori yang
kemudian mcrumuskan hipotesisnya. Subyak penelitian scbanyak 84 siswa.
Pengumpulan data dilakukan dengar metode dokumentasi, observasi, tes, dan
interview
Dalam penetian ini subjek penelltian dianggap sudah homogen, karene
sudah ditentukan dari pihak sekolah Adapun analisa yang digunakan adalah
analisa statistik dengan rumus t-tes. Dari hasil perhitungan didapatj.:an harga terhitung adalah 4,260. Pada derajat
kebebasan (db) = 82 dengan taraf signifikan 5%diperoleh harga thitung sebesar 1 ,67.
Sehingga harga thitung > tabel· Sedangkan kriteria pengujian hipotesa, Ho ditolak
bila thitung> ttabel atau <ttabel. Dari hasil analisis yang telah dilakukan dapat
dilihat memang benar bahwa mean hasil tes siswa yang diajar menggunakan
metode ceramah di sertai media kartun m, = 75,19048 lebih besar daripada mean
hasil tes dari siswa yang diajar menggunakan modul my= 66,97619.
Dari kenyataan tersebut berarti metode ceramah disertai media kartun
lebih baik karena dan dengan adanya kriteria tersebut, maka hipotesa nihil yang
diajukan ditolak, dengan demikian hipotesis kelja diterima yang dalam peneltian
ini menunjukkan bahwa ada perbedaan yang signifikan hasil belajar siswa pada
mata pelajaran fisika antara siswa yang diajar dengan menggunakan metode
ceramah disertai media kartun dan pengajarran modul untuk kelas 1.4 dan 1.5
Cav.ru I SMUN 2 Tanggul tahun pelajaran 2000/2001 .
Collections
- UT-Faculty of Law [6214]