• Login
    View Item 
    •   Home
    • UNDERGRADUATE THESES (Koleksi Skripsi Sarjana)
    • UT-Faculty of Law
    • View Item
    •   Home
    • UNDERGRADUATE THESES (Koleksi Skripsi Sarjana)
    • UT-Faculty of Law
    • View Item
    JavaScript is disabled for your browser. Some features of this site may not work without it.

    PENERAPAN PENDEKATAN KETERAMPILAN PROSES DENGAN MENGGUNAKAN ALAT PERCOBAAN OPTIK DALAM PEMBELAJARAN FISIKA (Studi Hasil Belajar Fisika Pokok Bahasan Cahaya pada siswa kelas II 8 cawu II SL TP Negeri 10 jember Tahun Ajaran 2001 /2002)

    Thumbnail
    View/Open
    Reni Nurhapsari_irh.pdf (1.632Mb)
    Date
    2015-02-16
    Author
    Reni Nurhapsari
    Metadata
    Show full item record
    Abstract
    Kegiatan pembelajaran dapat berjalan Jika ada interaksi antar faktor belajar, yang diikuti dengan proses perubahan tingkah laku pada din s1swa sebagai hasil dari suatu pengalaman. Salah satu pendekatan yang cocok daltlm fisika adalah pendekatan keteramp!lan proses dengan menggunakan alat percobaan. PermasaJahan yang dikaji dalam penehtian ini adalah : 1) adakah perbedaan yang sigmfikan antara tes awal dan tes akhir hasil belaJar fisika dengan pcnerapan pendekatan keterampilan proses: 2) bagaimanakah efektifitas penerapan pendekatan keterampilan proses dalam pembelajaran fisika di SLTP ?. Tujuan dari penelitian ini adalah : 1) untuk mengetahui apakah ada perbedaan yang signifikan antara tes awal dan tes akhir hasil belajar fisika dengan penerapan pendekatan keterampilan prose~; 2) untuk mengetahui seberapa besar efeklifitas penerapan pendekatan keterampilan proses dalam pembelajaran fi sika di SLTP. Dalam penelitian ini digunakan rancangan one group pre-test post-test desrgn . Metode yang digunakan untuk pengumpulan data adalab metodc tes, observasi, wawancara dan dokumentasi. Analisa data untuk menentukan perbedaan yang signifikan antara pre-test dan pos-test digunakan rumus: t = U 1 V Lx2d N(N-1) dan efektifitas pendekatan keterampilan proses dengan : 17 = (N2 - N1 N1) x 100% . Dari hasil analisa data pengujian hipotesa keija diperoleh bahwa t1ut = 22.85702 sedangkan ttabcl = 0.70, sehingga Ha diterima. Untuk nilai efektifitas diperoleh 95.701% yang menunjukkan kriteria sangat efektif sehingga dapat disimpulkan bahwa: 1) ada perbedaan yang signifikan antara hasil belajar fisika sebelum dan sesudah pembelajaran fisika dengan penerapan pendekatan keterampilan proses dengan mengguna.kan alat percobaan oprik dalam pembelajaran fisika; 2) penerapan pendekatan keterampilan proses dengan menggunakan alat percobaan optik sangat efektif dalam meningkatkan hasil belajar fisika.
    URI
    http://repository.unej.ac.id/handle/123456789/61335
    Collections
    • UT-Faculty of Law [6321]

    UPA-TIK Copyright © 2024  Library University of Jember
    Contact Us | Send Feedback

    Indonesia DSpace Group :

    University of Jember Repository
    IPB University Scientific Repository
    UIN Syarif Hidayatullah Institutional Repository
     

     

    Browse

    All of RepositoryCommunities & CollectionsBy Issue DateAuthorsTitlesSubjectsThis CollectionBy Issue DateAuthorsTitlesSubjects

    My Account

    LoginRegister

    Context

    Edit this item

    UPA-TIK Copyright © 2024  Library University of Jember
    Contact Us | Send Feedback

    Indonesia DSpace Group :

    University of Jember Repository
    IPB University Scientific Repository
    UIN Syarif Hidayatullah Institutional Repository