Show simple item record

dc.contributor.authorPondhita Arie Khrisna
dc.date.accessioned2015-02-16T01:14:29Z
dc.date.available2015-02-16T01:14:29Z
dc.date.issued2015-02-16
dc.identifier.urihttp://repository.unej.ac.id/handle/123456789/61332
dc.description.abstractProses belajar mengajar merupakan bentuk komunikasi antara pendidik dan peserta didik. Dalam komunikasi terdapat pembentukan dan pengalihan pengetahuan, sikap serta ketrampilan dari guru kepada siswa. Untuk menanggapi hal tersebut berbagai upaya dilakukan oleh seorang guru baik selama perencanaan maupun pelaksanaan agar proses belajar mengajar dapat berhasil dan tercapai tujuannya. Berhasil tidaknya suatu pembelajaran pastilah tidak lepas dari faktor pendukung dan penghambat yang dimillki oleh seorang guru mengingat guru adalah motor pelaksana sistem proses dalam pendidikan melalui pembelajaran bidang studi. Sehingga timbul permasalahan yaitu: faktor-faktor apa saja yang menjadi pendukung dan penghambat dalam pelaksanaan pengajaran fisika yang dihadapi guru fisika SMU Negeri se-kotatif Jember ditinjau dari perencanaan pengajaran dan kegiatan belajar mengajar. Tujuan yang ingin dicapai adalah untuk mengetahui faktor-faktor apa saja yang menjadi pendukung dan penghambat dalam pelaksanaan pengajaran fisika ditinjau dari perencanaan pengajaran dan kegiatan belajar mengajar. Metode pengumpulan data yang digunakan adalah observasi, dokumentasi, angket. Datanya berupa jawaban angket dari 20 responden yang ditentukan dengan menggunakan teknik populasi berdasarkan pada jumlah guru fisika SMU sekotatif Jember dan dianalisis per tiap item soal. Dari analisi data disimpulkan bahwa, ditinjau dari perencanaan pengajaran, 100% responden menjawab "tidak" mengalami kesulitan dalam menyusun program tahunan, program catur wulan, rencana pengajaran dan 95% responden juga menjawab "tidak" mengalami kesulitan dalm menyusun satuan pelajaran dan hal ini merupakan faktor pendukung dalam pelaksanaan pengajaran fisika. Ditinjau dari kegiatan be\ajar mengajar, 100% responden menjawab "tidak" mengalami kesulitan dalam melaksanakan kegiatan belajar mengajar di dalam kelas, untuk pengelolaan laboratorium 85% responden menjawab "ya" mengalami kesulitan disebabkan karena kurangnya fasilitas laboratorium yang meliputi alat dan bahan dan hal ini merupakan faktor penghambat dalarn pelaksanaan pengajaran fisika, sedangkan 15% responden lainnya menjawab tidak mengalamj kesulitan dalam pengelolaan laboratorium dikarenakan pada pokok bahasan yang diajarkan tidak banyak memerlukan demonstrasi.en_US
dc.description.sponsorshipUniversitas Jemberen_US
dc.subjectSTUDI TENTANG FAKTOR PENDUKUNG DAN PENGHAMBAT DALAM PELAKSANAAN PENGAJARAN FISIKA YANG DIHADAPI GURU FISIKAen_US
dc.titleSTUDI TENTANG FAKTOR PENDUKUNG DAN PENGHAMBAT DALAM PELAKSANAAN PENGAJARAN FISIKA YANG DIHADAPI GURU FISIKA SMU NEGERI SE·KOTATIF JEMBERen_US
dc.typeThesisen_US


Files in this item

Thumbnail

This item appears in the following Collection(s)

Show simple item record