• Login
    View Item 
    •   Home
    • UNDERGRADUATE THESES (Koleksi Skripsi Sarjana)
    • UT-Faculty of Law
    • View Item
    •   Home
    • UNDERGRADUATE THESES (Koleksi Skripsi Sarjana)
    • UT-Faculty of Law
    • View Item
    JavaScript is disabled for your browser. Some features of this site may not work without it.

    STUDI KOMPARATIF HASIL BELAJAR SISWA MELALUI PEMBELAJARAN TEORITIS DAN PEMBELAJARAN EKSPERIMEN DISERTAI LKS BIDANG STUDI FISIKA POKOK BAHASAN LISTRIK STATIS KElAS II CAWU Ill SLTP NEGERI 2 JEMBER TAHUN PELAJARAN 2001/2002

    Thumbnail
    View/Open
    Mei Sukaryati_irh.pdf (1.501Mb)
    Date
    2015-02-16
    Author
    Mei Sukaryati
    Metadata
    Show full item record
    Abstract
    Fisika merupakan pengajaran yang lahtr dan berkembang berdasarkan observasi dan eksperimen. Sarana penunjangnya yaltu melalut laboratorium yang digunakan untuk kegiatan praktikum. Kegiatan eksperimen merupakan salah satu langkah pembinaan sikap ilmiah dalam diri stswa. Agar kegiatan eksperimen berjalan lancar maka diperlukan LKS yang dtgunakan sebagai pedoman atau petunjuk dalam melaksanakan eksperimen Permasalahan yang akan dta.Jukan dalam penelitian ini yaitu adakah perbedaan yang signilikan hasil belajar siswa melalui pembelajaran teoritis dan pembelajaran eksperimen disertai LKS bidang studi fisika pokok bahasan listrik statis pada siswa kelas II cawu III di SL TP Negeri 2 Jember Tahun Pelajaran 2001/2002 dan bagaimanakah efektivitas relatif pembelajaran teoritis dan pembelajaran eksperimen disertai LKS bidang studi fisika pokok bahasan listrik statis pada siswa kelas II cawu Ill di S L TP Negeri 2 Jember Tahun Pelajaran 2001 /2002. Tujuan penelitian 101 adalah untuk mengetahui apakah ada perbedaan yang signifikan hasil belajar siswa melalui pembelajaran teoritis dan pembelajaran ekspenmen disertat LKS bidang studi fisika pokok bahasan listrik statis pada siswa kelas II cawu III di SL TP Negeri 2 Jember Tahun Pelajaran 2001 /2002 dan untuk mengetahui manakah yang lebih efektif hasil belajar siswa melalui pembelajaran teoritis dan pembelajaran eksperimen disertai LKS bidang studi fisika pokok bahasan listrik statis pada siswa kelas ll cawu lll di SLTP Negeri 2 Jember Tahun Pelajaran 2001 /2002. Metode pengumpulan data menggunakan dokumentasi, observasi, interview dan tes. Penentuan daerah dengan menggunakan cluster random sampling dengan teknik undian yang terlebih dahulu dilakukan uji homogenitas dan diperoleh responden penehtian kelas llA (eksperimen disertai LKS) dan kelas lID (teoritis). Dari analisis data dan pengujian hipotesis didapat t1cs1 5,46 selanjutnya nilai ttest dikonsultasikan dengan t-tabel sehingga hipotesis nihil ditolak dan diterimanya hipotesis kerja yang berarti ada perbedaan yang signitikan hasil belajar siswa melalui pembelajaran teoritis dan pembelajaran eksperimen disertai LKS. Dan efektivitas relatifnya sebesar 27,8 % dikategorikan baik. Sehingga pembelajaran eksperimen disertai LKS lebih efektif daripada pembelajaran teoritis.
    URI
    http://repository.unej.ac.id/handle/123456789/61330
    Collections
    • UT-Faculty of Law [6315]

    UPA-TIK Copyright © 2024  Library University of Jember
    Contact Us | Send Feedback

    Indonesia DSpace Group :

    University of Jember Repository
    IPB University Scientific Repository
    UIN Syarif Hidayatullah Institutional Repository
     

     

    Browse

    All of RepositoryCommunities & CollectionsBy Issue DateAuthorsTitlesSubjectsThis CollectionBy Issue DateAuthorsTitlesSubjects

    My Account

    LoginRegister

    Context

    Edit this item

    UPA-TIK Copyright © 2024  Library University of Jember
    Contact Us | Send Feedback

    Indonesia DSpace Group :

    University of Jember Repository
    IPB University Scientific Repository
    UIN Syarif Hidayatullah Institutional Repository