PEMBELAJARAN FISIKA MENGGUNAKAN METODE TUGAS PADA POKOK BAHASAN USAHA DAN ENERGI SISWA KELAS I SMU NEGERI 3 BONDOWOSO TAHUN PELAJARAN 2001-2002 (Penelitian Tindakan Kelas)
Abstract
Penelitian ini didasarkan pada hasil observasi di lapangan oleh peneliti bahwa banyak
siswa yang masih belurn rnampu menguasai, rnenghayati dan menerapkan konsepkonsep,
hukurn dan azas-azas Fisika dalam proses pernbelajaran. Sebagian besar
siswa mempunyai kecenderungan bergantung pada ternan, tidak disiplin dan tidak
bertanggung jawab, sehingga ketuntasan bel ajar yang di harapkan tidak dapat tercapai
dalam suatu pembelajaran. Dari latar belakang tersebut disusun rumusan masalah
yaitu : apakah pemberian tugas dapat memberikan ketuntasan belajar dan apakah
pemberian tugas dapat meningkatkan pencapaian skor tiap ranah dari pretes ke pos
tes ?. Tujuan penelitian ini untuk mengetahui pemberian tugas yang bagaimana yang
dapat mencapai ketuntasan belajar dan meningkatkan pencapaian skor tiap ranah.
Manfaat penelitian adalah memberikan tambahan pengayaan cara belajar dalam
meningkatkan ketuntasan belajar bagi siswa, dimana pemberian tugas dapat
digunakan sebagai salah satu alternatif dalam metode pembelajaran guna
meningkatkan ketuntasan belajar. Penelitian ini adalah penelitian tindakan kelas yang
terdiri dari 3 siklus. Responden penelitian ini adalah siswa kelas I D SMU Negeri 3
Bondowoso tahun pelajaran 2001-2002. Data awal diperoleh dari pretes, kemudian
dilakukan tindakan dengan melaksanakan proses belajar mengajar (PBM) yang
dilengkapi dengan metode penugasan. Pada setiap akhir siklus dievaluasi dan
diadakan penyempumaan terhadap metode tugas. Diakhir siklus 3 dilakukan pos tes
untuk mengetahui prestasi belajar siswa. Analisa data dengan menggunakan analisa
ketuntasan belajar individu dan ketuntasan belajar keseluruhan. Dari hasil analisis
dan pembahasan diperoleh kesimpulan bahwa pemberian tugas dapat rnemberikan
peningkatan ketuntasan belajar sebesar 86,1 %, Pemberian tugas dalam pokok
bahasan Usaha dan Energi juga dapat meningkatkan skor ketercapaian tiap ranah dari
pretes ke pos tes cukup tinggi (rata-rata di atas 100 % ). Berdasarkan basil penelitian
ini maka disarankan agar pernberian tugas dapat diterapkan sebagai salah satu
altematif pembelajaran pokok bahasan Usaha dan Energi. Bagi para peneliti,
penelitian ini masih dapat dilanjutkan sampai siklus 4 atau untuk pokok bahasan yang
lain rentunya dengan memperhatikan situasi dan kondisi.
Collections
- UT-Faculty of Law [6257]