STUDI KOMPARATIF HASIL BELAJAR FISIKA ANTARA SISWA YANG DIBERI LATIHAN TERPUSAT YANG DIBERI LATIHAN TERSEBAR (pokok bahasan getaran pada kelas ll Semester I SLTP 6 jember tahun pelajaran 2002/2003
Abstract
Pengajaran bidang studi fisika menuntut latihan-latihan lebih banyak
untuk dapat menguasai dan bukan sekedar menghafal rumus-rumus. Untuk lebih
meningkatkan hasil belajar siswa, diajukan suatu metode mengajar yaitu metode
pemberian Jatihan, dibagi menjadi latihan terpusat dan Jatihan tersebar. Adapun
permasalahan yang diajukan; a) Adakah perbedaan yang signifikan antara hasil
belajar fisika siswa yang diberi latihan terpusat dan yang diberi latihan tersebar
pokok bahasan getaran, b)Seberapa besar efektivitas relatif pembelajaran dengan
pemberian latihan terpusat dan latihan tersebar. Tujuan penelitian; a)Untuk
mengetahui ada tidaknya perbedaan antara hasil belajar fisika siswa yang diberi
latihan terpusat dan siswa yang diberi latihan tersebar pokok bahasan getaran ,
b)Untuk mengetahui seberapa besar efektivitas relatif pembelajaran dengan
pemberian latihan terpusat dan latihan tcrsebar. Manfaatnya; a) Sebagai bahan
musul-.an bugi guru agar al-.tir dan krcatir dalum bcrlindak scbagai pcnunlun siswa
dalam proses belajar mengajar lisika, b) 13agi kepala sekolah, dapat digunakan
sebagai acuan untuk mengarahkan pcngajaran disckolahnya agar lebih sistematis
dan terencana, c)Sebagai bahan pertimbangan bagi para pcneliti yang
berhubungan dengan masalah pcnelitian ini dalam ruang lingkup yang lebih luas.
Metode pengumpulan data yang digunakan adalah observasi, dokumentasi,
interviu dan tes. Pengambilan sample dilakukan dengan teknik cluster random
sampling, kelas yang dijadikan sample 2 kelas dari 5 kelas dan untuk menentukan
kelas eksperimen A dan 8 diadakan teknik undian. Analisa data meggunakan
rum us t-tes dan diperoleh hasil t~essebesar 2,5 sedangkan twtx:J sebesar 1,9907 maka
ttcs>twbel. Untuk uji efektivitas diperoleh 27,5%, sesuai tabel kriteria efektivitas
adalah cukup efektif. Hal tersebut menunjukkan bahwa pembelajaran yang diberi
latihan tersebar lebih efektif dibandingkan dengan pembelajaran yang diberi
latihan terpusat. Berdasarkan hasil analisa data dan diskusi dapat disimpulkan; a)
Ada perbedaan yang signifikan antara hasil belajar siswa yang diberi latihan
terpusat dan latihan tersebar, b) Nilai efektivitas diperoleh sebesar 27,5%, hal ini
berarti pemberian latihan tersebar cukup efektif dibandingkan dengan pemberian
latihan terpusat.
Collections
- UT-Faculty of Law [6257]