STUDI KOMPARATIF HASIL BElAJAR FISIKA ANTARA SISWA YANG DIAJAR MENGGUNAKAN METODE DEMONSTRASI DENGAN METODE CERAMAH OISERTAI MEDIA OHP DAN MEDIA KARTUN FISIKA (Pada pokok bahasan listrik statis pada siswa kelas II cawu 3 SL TP Negeri I Jember Tahun Pelajaran 2001/2002)
Abstract
Metode mengajar merupakan salah satu unsur dalam keberhasilan belajar
yaitu suatu cara yang dipakai di dalam proses belajar-mengajar. Penggunaan
metode mengajar yang tepat dan sesuai dapat mempengaruhi hasiJ belajar siswa.
Untuk itu diperlukan 2 metode dalam penelitian ini yaitu metode demonstrasi dan
metode ceramah yang disertai media OHP dan media kartun fisika. Dari gambaran
tersebut maka timbullah rumusan masalah (1) adakah perbedaan hasil belajar
fisika antara siswa yang diajar menggunakan metode demonstrasi dengan metode
ceramah disertai media OHP dan media kartun fisika ? (2) manakah yang lebih
efektif hasil belajar fisika siswa yang diajar dengan menggunakan metode
demonstrasi atau metode ceramah disertai media OHP dan media kartun fisika ?.
Tujuan yang ingin diperoleh yaitu (1) untuk mengetahui perbedaan hasil belajar
fisika antara siswa yang diajar menggunakan metode demonstrasi dengan metode
ceramah disertai media OHP dan media kartun fisika, (2) untuk mengetahui mana
yang lebih efektif antara hasil belajar fisika siswa yang diajar menggunakan
metode demonstrasi atau metode ceramah disertai media OHP dan media kartun
fisika. Untuk menentukan responden penelitian menggunakan metode clusLer
random sampling yang terlebih dahulu diuji homogenitasnya, sehingga diperoleh
2 kelas yang sama. Metode pengumpulan data rnenggunakan metode tes,
observasi, wawancara, dan dokumentasi. Anahsis data yang digunakan adalah ttes
dan uji keefektifan yaitu dengan melihat beda mean dalarn kelas eksperimen.
Hasil analisis data diperoleh nilai t-hitung sebesar 5,78 yang dikonsultasikan
dengan t-tabel untuk taraf signifikan 5% dengan derajat kebebasan (db) sebesar 87
yaitu sebesar 1 ,666. Berarti hipotesis nihil yang diajukan ditolak dan hipotesis
kerja diterima, maka ada perbedaan yang signifikan. Sedangkan keefektifan
penggunaan metode demonstrasi dan metode ceramah yang disertai media OHP
dan media kartun fisika diperoleh sebesar 18,43% dikategorikan baik. Kesimpulan
yang diperoleh dari analisis data bahwa penggunaan metode ceramah yang
disertai media OHP dan media kartun fisika Jebih baik dan lebih efektif.
Collections
- UT-Faculty of Law [6214]