STUDr TENTANG FAKTOR-FAKTOR YANG MEMPENGARUHI PELAKSANAAN PROSES BELAJAR MENGAJAR FISIKA YANG DIHADAPI GURU FISIKA SLTP NEGERI SE-KOTATIF JEMBER
Abstract
Pendidikan mempunyai peranan penting untuk menunjang perkembangan,
pertumbuhan dan kehidupan suatu bangsa. Penyelenggaraan pembelajaran
pendidikan merupakan salah satu tugas utama guru. Dengan kata lain peranan
guru sangat penting untuk tercapainya basil pembelajaran, sehingga timbul
permasalahan yaitu faktor-faktor apa saja yang menjadi pendukung dan
penghambat dalam pelaksanaan proses belajar mengajar yang dihadapi guru fisika
SL TP ditinjau dari perencanaan, pelaksanaan dan kondisi guru Se-Kotatif
Jember.Tujuan yang ingin dicapai adalah untuk mengetahui faktor-faktor yang
mendukung dan mengbambat pelaksanan proses belajar mengajar ditinjau dari
perencanaan, pelaksanaan dan kondisi guru. Metode pengumpulan data yang
digunakan adalah observasi, dokumenter. dan angket. Datanya berupa jawaban
angket dari 31 responden yang ditentukan dengan menggunakan teknik populasi
berdasarkan pada jumlab guru fisika SLTPN Se-Kotat:if Jember dan dianalisis per
tiap item soal. Dari analisis data dapat disimputkan bahwa ditinjau dari
perencanaan, faktor pendukung yaitu: pernbuatan Program Tahunan, Program
Cawu, Satuan Pelajaran, Rencana Pembelajaran, dan Analisa Materi Pelajaran.
Faktor penghambatnya yaitu: menentukan alokasi waktu secara rinci untuk setiap
sub pokok bahasan, merumuskan langkah-langkah kegiatan belajar mengajar yang
berkaitan dengan prinsip CBSA, merumuskan Tujuan Pembelajaran Kbusus, dan
menjabarkan materi pembelajaran sesuai dengan waktu yang tersedia. Faktor
pendukung ditinjau dari pelaksanaan yaitu: pemiliban metode pembelajaran,
menentukan alat, pengelolaan kelas, penggunaan metode eksperiment, melakukan
eksperiment. Faktor pengbambatnya yaitu: memilih dan menerapkan metode yang
sesuai dengan waktu yang tersedia, menentukan alat dan media yang sesuai
dengan pokok babasan, menumbuhkan kondisi belajar yang hangat dan
antusias,menyediakan tempat untuk melakukan eksperirnent, dan kelengkapan
dalam laboratorium. Faktor pendukung ditinjau dari kondisi guru yaitu: ijazah
terakhir dan disiplin ilmu yang diterima, lama mengajar, behan mengajar,
mengikuti lokakarya/penataran, dan pengaraban Suplemen GBPP. Faktor
pengluunbatnya yaitu: ijazah dan disiplin ilmu yang tidak sesuai, belurn larnanya
mengajar, beban mengajar yang terlalu banyak, tidak mengikuti
lokakarya/penataran,dan tidak mendapatkan pengarahan Suplemen GBPP.
Collections
- UT-Faculty of Law [6257]