• Login
    View Item 
    •   Home
    • UNDERGRADUATE THESES (Koleksi Skripsi Sarjana)
    • UT-Faculty of Law
    • View Item
    •   Home
    • UNDERGRADUATE THESES (Koleksi Skripsi Sarjana)
    • UT-Faculty of Law
    • View Item
    JavaScript is disabled for your browser. Some features of this site may not work without it.

    STUDr TENTANG FAKTOR-FAKTOR YANG MEMPENGARUHI PELAKSANAAN PROSES BELAJAR MENGAJAR FISIKA YANG DIHADAPI GURU FISIKA SLTP NEGERI SE-KOTATIF JEMBER

    Thumbnail
    View/Open
    Eka fitriyah_irh.pdf (1.510Mb)
    Date
    2015-02-09
    Author
    Eka Fitriyah
    Metadata
    Show full item record
    Abstract
    Pendidikan mempunyai peranan penting untuk menunjang perkembangan, pertumbuhan dan kehidupan suatu bangsa. Penyelenggaraan pembelajaran pendidikan merupakan salah satu tugas utama guru. Dengan kata lain peranan guru sangat penting untuk tercapainya basil pembelajaran, sehingga timbul permasalahan yaitu faktor-faktor apa saja yang menjadi pendukung dan penghambat dalam pelaksanaan proses belajar mengajar yang dihadapi guru fisika SL TP ditinjau dari perencanaan, pelaksanaan dan kondisi guru Se-Kotatif Jember.Tujuan yang ingin dicapai adalah untuk mengetahui faktor-faktor yang mendukung dan mengbambat pelaksanan proses belajar mengajar ditinjau dari perencanaan, pelaksanaan dan kondisi guru. Metode pengumpulan data yang digunakan adalah observasi, dokumenter. dan angket. Datanya berupa jawaban angket dari 31 responden yang ditentukan dengan menggunakan teknik populasi berdasarkan pada jumlab guru fisika SLTPN Se-Kotat:if Jember dan dianalisis per tiap item soal. Dari analisis data dapat disimputkan bahwa ditinjau dari perencanaan, faktor pendukung yaitu: pernbuatan Program Tahunan, Program Cawu, Satuan Pelajaran, Rencana Pembelajaran, dan Analisa Materi Pelajaran. Faktor penghambatnya yaitu: menentukan alokasi waktu secara rinci untuk setiap sub pokok bahasan, merumuskan langkah-langkah kegiatan belajar mengajar yang berkaitan dengan prinsip CBSA, merumuskan Tujuan Pembelajaran Kbusus, dan menjabarkan materi pembelajaran sesuai dengan waktu yang tersedia. Faktor pendukung ditinjau dari pelaksanaan yaitu: pemiliban metode pembelajaran, menentukan alat, pengelolaan kelas, penggunaan metode eksperiment, melakukan eksperiment. Faktor pengbambatnya yaitu: memilih dan menerapkan metode yang sesuai dengan waktu yang tersedia, menentukan alat dan media yang sesuai dengan pokok babasan, menumbuhkan kondisi belajar yang hangat dan antusias,menyediakan tempat untuk melakukan eksperirnent, dan kelengkapan dalam laboratorium. Faktor pendukung ditinjau dari kondisi guru yaitu: ijazah terakhir dan disiplin ilmu yang diterima, lama mengajar, behan mengajar, mengikuti lokakarya/penataran, dan pengaraban Suplemen GBPP. Faktor pengluunbatnya yaitu: ijazah dan disiplin ilmu yang tidak sesuai, belurn larnanya mengajar, beban mengajar yang terlalu banyak, tidak mengikuti lokakarya/penataran,dan tidak mendapatkan pengarahan Suplemen GBPP.
    URI
    http://repository.unej.ac.id/handle/123456789/61306
    Collections
    • UT-Faculty of Law [6321]

    UPA-TIK Copyright © 2024  Library University of Jember
    Contact Us | Send Feedback

    Indonesia DSpace Group :

    University of Jember Repository
    IPB University Scientific Repository
    UIN Syarif Hidayatullah Institutional Repository
     

     

    Browse

    All of RepositoryCommunities & CollectionsBy Issue DateAuthorsTitlesSubjectsThis CollectionBy Issue DateAuthorsTitlesSubjects

    My Account

    LoginRegister

    Context

    Edit this item

    UPA-TIK Copyright © 2024  Library University of Jember
    Contact Us | Send Feedback

    Indonesia DSpace Group :

    University of Jember Repository
    IPB University Scientific Repository
    UIN Syarif Hidayatullah Institutional Repository