PENGGUNAAN STRATEGI PENGAJARAN RECIPROCAL DALAM PEMBELAJARAN FISIKA (Studi Hasil Belajar Fisika Pokok Bahasan Dinamika Gerak Lurus Pada Siswa Kelas 1 Semester 1 SMU Negeri 1 Rambipuji)
Abstract
Pembelajaran tistka yang batk adalah yang menekankan pacta penanaman
konsep fisika dan keterkattan antara konsep satu dengan yang lamnya Salah satu
langkah awal yang pcrlu dilakukan untuk mewujudkan pembelajaran lisika yang
baik adalah menmgkatkan tugas be lajar stswa. Strategt pengajaran reciprocal
adalah salah satu model pembelajaran yang dirancang khusus untuk memberikan
wawasan pasta siswa tentang cara membaca pemahaman. Berdasarkan gambaran
tersebut, maka timbul suatu rurnusan masalah yaitu: ( 1) adakah perbedaan yang
signifikan antara tes awal dan tes akhir hasil belajar fisika dengan menggunakan
strategi pengajaran reciprocal dalam pembelajaran fisika ?; (2) Seberapa besar
efektifitas penggunaan strategi pengajaran reciprocal dalam pembelajaran fisika ?
Tujuan yang dicapai adalah untuk mengetahui apakah ada perbedaan yang
signifikan antara tes awal dan tes akhir pada pembelajaran dengan menggunakan
strategi pengajaran reciprocal dalam pembelajaran fisika serta untuk mengetahui
seberapa besar efektifitas penggunaan strategi pengajaran reciprocal dalam
pembelajaran fisika. Metode pengumpulan data yang digunakan adalah metode
dokumentasi , observasi, wawancara dan tes. Analisa data yang digunakan adalah t
tes dan rumus efektifitas. Dari hasil analisa data diperoleh harga thinmg sebesar
11 ,353 dan ttabel sebesar 2,01 7 (db=43). Sedangkan untuk efektifitas diperoleh
sebesar 66,35 % dengan kriteria efektif Sehingga dapat disimpulkan bahwa (1)
Ada perbedaan yang signifikan antara tes awal dan tes akhir hasil belajar fisika
dengan mengguna.kan strategi penga.jaran reciprocal dalam pembelajaran fisika. (2)
Penggunaan strategi pengajaran reciprocal efektif digunakan dalam pembelajaran
fisika.
Collections
- UT-Faculty of Law [6214]