• Login
    View Item 
    •   Home
    • UNDERGRADUATE THESES (Koleksi Skripsi Sarjana)
    • UT-Faculty of Law
    • View Item
    •   Home
    • UNDERGRADUATE THESES (Koleksi Skripsi Sarjana)
    • UT-Faculty of Law
    • View Item
    JavaScript is disabled for your browser. Some features of this site may not work without it.

    PENGGUNAAN LKS MODEL GENERATIF DALAM PEMBELAJARAN FISIKA DI SLTP (Studt Hasil Belajar Pada Siswa Kelas II B Cawu 2 di SLTP 3 Jember Tahun Pelajaran 2000/2001 Pokok Bahasan Bunyi)

    Thumbnail
    View/Open
    Tutuk Anis Susanti_irh.pdf (1.467Mb)
    Date
    2015-02-09
    Author
    Tutuk Anis Susanti
    Metadata
    Show full item record
    Abstract
    Dalam rangka mengembangkan daya berfikir dan sikap kreatif siswa, guru dituntut untuk memahami dan mampu mengembangkan metode dalam mengajar. Khususnya menyusun program pengajaran yang dapat membangkitkan motivasi siswa, agar dapat berperan secara aktif dalam kegiatan belajar mengajar. Menggunakan LKS merupakan satah satu cara untuk membuat siswa aktif dalam mengikuti proses belajar mengajar. Maka dikenalkan LKS Model Generatif, yaitu suatu lembar kerja yang berisi petunjuk ohm pertanyaan yang mcnuntut siswa untuk aktif dalam mengemukakan pendapat dengan kata-katanya sendiri. kemudian menguji dengan pengetahuan yang telah dimiliki, mendiskusikan tentang kebenaran pemecahan masalah. Pembahasan yang akan dibahas adalah 1) adakah perbedaan yang signifikan antara tes awal dan tes akhir basil bdajar fisika dengan menggunakan LKS Model Generatif ? dan 2) sejauhrnana efektivitas pembelajaran dengan menggunakan LKS Model Generatif ? serta 3) sejauhmana keberhasilan belajar dengan menggunakan LKS Model Generatif ? Responden Penelitian adalah siswa kelas II B cawu 2 di SLTP 3 Jember Tahun Pelajaran 2000/2001 . Metode Pengumpulan Data dengan menggunakan metode observasi, tes dan dokumentasi. Hasil analisis data menunjukkan bahwa perbedaan antara pre tes dan post tes sebesar 8,38 dan dapat dis1mpulkan bahwa 1 ada perbedaan yang signifikan antara hasil pre tes dan post tes dalam pembelajaran dengan menggunakan LKS Model Generatif Efektivitas penggunaan LKS Model Generatif sebesar 31 ,42 % dengan kategori cukup efektif Sedangkan pencapaian Keberhasilan Belajar untuk nilai pre tes sebesar 58,39% dengan kategori kurang. Untuk nilai post tes sebesar 76,74 % dengan kategori baik. Sehingga dapat disimpulkan LKS Model Generatif cukup efe.ktif dan baik digunakan dalam pembelajaran fisika. Dengan demikian LKS Model Generatif dapat digunakan sebagai salah satu metode penyampaian materi pelajaran fisika dengan pokok bahasan bunyi.
    URI
    http://repository.unej.ac.id/handle/123456789/61299
    Collections
    • UT-Faculty of Law [6287]

    UPA-TIK Copyright © 2024  Library University of Jember
    Contact Us | Send Feedback

    Indonesia DSpace Group :

    University of Jember Repository
    IPB University Scientific Repository
    UIN Syarif Hidayatullah Institutional Repository
     

     

    Browse

    All of RepositoryCommunities & CollectionsBy Issue DateAuthorsTitlesSubjectsThis CollectionBy Issue DateAuthorsTitlesSubjects

    My Account

    LoginRegister

    Context

    Edit this item

    UPA-TIK Copyright © 2024  Library University of Jember
    Contact Us | Send Feedback

    Indonesia DSpace Group :

    University of Jember Repository
    IPB University Scientific Repository
    UIN Syarif Hidayatullah Institutional Repository