• Login
    View Item 
    •   Home
    • UNDERGRADUATE THESES (Koleksi Skripsi Sarjana)
    • UT-Faculty of Law
    • View Item
    •   Home
    • UNDERGRADUATE THESES (Koleksi Skripsi Sarjana)
    • UT-Faculty of Law
    • View Item
    JavaScript is disabled for your browser. Some features of this site may not work without it.

    PENGGUNAAN METODE DEMONSTRASI DAN EKSPERIMEN SEBAGAI PENINGKATAN HASIL BELAJAR FISIKA ( Studi Kaji Tindak Peningkatan Hasil Belajar Fisika Konsep Arus Listrik pada Siswa Kelas Ill Cawu I Tahun Pelajaran 2000/2001 dl SLTP Negeri 2 Pasirian Lumajang)

    Thumbnail
    View/Open
    Mochammad Zakaria_irh.pdf (1.251Mb)
    Date
    2015-02-09
    Author
    Mochamad Zakaria
    Metadata
    Show full item record
    Abstract
    Sebagai salah satu upaya meningkatkan hasil belajar adalah penggunaan metode pengajaran secara tepat sesuai dengan materi yang disajikan. Berkenaan dengan hal tersebut maka guru hendaknya memihki kemampuan dalam memilih metode mengajar sesuai dengan materi yang akan disajikan. Sehingga suasana kegiatan belajar dapat menjadi kondusif. Pembelajaran Fisika dengan menggunakan metode demonstrasi dan eksperimen pada materi Hukum Ohm dan Hambatan siswa kelas Ill cawu 1 tahun pelajaran 2000/2001 di SLTP Negeri 2 Pasirian Lumajang nampaknya dapat meningkatkan hasil belajar. Dengan Jatar belakang tersebut dapat menggunakan metode demonstrasi dan eksperimen mata pelajaran fisika pada materi Hukum Ohm dan Harnbatan siswa kelas III cawu 1 tahun pelajaran 2000/200 I di SL TP Negeri 2 Pasirian Lumajang. Tujuan penelitian ingin mengetahui seberapa besar peningkatan hasil belajar siswa dengan menggunakan metode penelitian tindakan kelas mata pelajaran fisika pada materi Hukum Ohm dan Hambatan siswa kelas II1 cawu 1 tahun pelajaran 2000/2001 di SL TP Negeri 2 Pas irian Lumajang. A I. . kl .k 1 na JSJ S , as1 a : 0:r1o k e t untasan = Ju mlah siswa yang tuntas x 1o oo110. , ketuntasan Jumlah seluruh siswa klasikal mencapai minimal 85%. Hasil analisis menunjukkan bahwa hasil belaJar dengan menggunakan metode demonstrasi tuntas belajar mencapai 84,97°o sedangkan menggunakan metode eksperimen dapat mencapai tuntas belajar sebesar 94,97%. Dengan demikian dapat disimpulkan bahwa hasil belajar menggunakan metode eksperimen lebih efektif untuk meningkatkanhasil belajar siswa dibanding dengan metode demonstrasi. Saran-saran : Bagi guru Fisika diharapkan untuk meningkatkan hasil belajar siswa khususnya sub konsep hambatan kawat penghantar yang ditentukan oleh luas penampang, jenis kawat dan panjangnya hendaknya menggunakan metodc demonstrasi - eksperimen. Lebih ]anjut dapat dikembangkan dengan menambah sarana belajar yang dapat menunjang kondusifnya KBM dan hasil belajar Siswa.
    URI
    http://repository.unej.ac.id/handle/123456789/61293
    Collections
    • UT-Faculty of Law [6319]

    UPA-TIK Copyright © 2024  Library University of Jember
    Contact Us | Send Feedback

    Indonesia DSpace Group :

    University of Jember Repository
    IPB University Scientific Repository
    UIN Syarif Hidayatullah Institutional Repository
     

     

    Browse

    All of RepositoryCommunities & CollectionsBy Issue DateAuthorsTitlesSubjectsThis CollectionBy Issue DateAuthorsTitlesSubjects

    My Account

    LoginRegister

    Context

    Edit this item

    UPA-TIK Copyright © 2024  Library University of Jember
    Contact Us | Send Feedback

    Indonesia DSpace Group :

    University of Jember Repository
    IPB University Scientific Repository
    UIN Syarif Hidayatullah Institutional Repository