PENGGUNAAN METODE DEMONSTRASI DAN EKSPERIMEN SEBAGAI PENINGKATAN HASIL BELAJAR FISIKA ( Studi Kaji Tindak Peningkatan Hasil Belajar Fisika Konsep Arus Listrik pada Siswa Kelas Ill Cawu I Tahun Pelajaran 2000/2001 dl SLTP Negeri 2 Pasirian Lumajang)
Abstract
Sebagai salah satu upaya meningkatkan hasil belajar adalah penggunaan
metode pengajaran secara tepat sesuai dengan materi yang disajikan. Berkenaan
dengan hal tersebut maka guru hendaknya memihki kemampuan dalam memilih
metode mengajar sesuai dengan materi yang akan disajikan. Sehingga suasana
kegiatan belajar dapat menjadi kondusif. Pembelajaran Fisika dengan menggunakan
metode demonstrasi dan eksperimen pada materi Hukum Ohm dan Hambatan siswa
kelas Ill cawu 1 tahun pelajaran 2000/2001 di SLTP Negeri 2 Pasirian Lumajang
nampaknya dapat meningkatkan hasil belajar. Dengan Jatar belakang tersebut dapat
menggunakan metode demonstrasi dan eksperimen mata pelajaran fisika pada materi
Hukum Ohm dan Harnbatan siswa kelas III cawu 1 tahun pelajaran 2000/200 I di
SL TP Negeri 2 Pasirian Lumajang. Tujuan penelitian ingin mengetahui seberapa
besar peningkatan hasil belajar siswa dengan menggunakan metode penelitian
tindakan kelas mata pelajaran fisika pada materi Hukum Ohm dan Hambatan siswa
kelas II1 cawu 1 tahun pelajaran 2000/2001 di SL TP Negeri 2 Pas irian Lumajang.
A I. . kl .k 1 na JSJ S , as1 a : 0:r1o k e t untasan = Ju mlah siswa yang tuntas x 1o oo110. , ketuntasan
Jumlah seluruh siswa
klasikal mencapai minimal 85%. Hasil analisis menunjukkan bahwa hasil belaJar
dengan menggunakan metode demonstrasi tuntas belajar mencapai 84,97°o
sedangkan menggunakan metode eksperimen dapat mencapai tuntas belajar sebesar
94,97%. Dengan demikian dapat disimpulkan bahwa hasil belajar menggunakan
metode eksperimen lebih efektif untuk meningkatkanhasil belajar siswa dibanding
dengan metode demonstrasi.
Saran-saran : Bagi guru Fisika diharapkan untuk meningkatkan hasil belajar siswa
khususnya sub konsep hambatan kawat penghantar yang ditentukan oleh luas
penampang, jenis kawat dan panjangnya hendaknya menggunakan metodc
demonstrasi - eksperimen. Lebih ]anjut dapat dikembangkan dengan menambah
sarana belajar yang dapat menunjang kondusifnya KBM dan hasil belajar Siswa.
Collections
- UT-Faculty of Law [6257]