dc.description.abstract | Keberhasilan pembelajaran fisika tidak lepas dari beberapa prinsip, salah
satunya adalah metode pembelajarannya. Metode ceramah dan diskusi merupakan
metode yang banyak digunakan dalam pembelajaran fisika. Pelajaran fisika
merupakan pelajaran yang menyangkut teori, konsep dan keadaan alam. Untuk. itu
pembelajaran fisika tidak cukup dengan ceramah saja. Upaya yang harus ditempuh
adalah dengan penggunaan metode eksperimen dalam pembelajaran fisika. Metode
ini sering mendapatkan kendala yang cukup berarti yakni kurangnya sarana dan
prasarana pernbelajaran yang ada. Sehingga upaya yang dilakukan adalah dengan
penggunaan metodc eksperimen dengan menggunakan alat-alat praktikum sederhana.
Hal ini dimaksudkan agar siswa mengetahui benda, kejadian dan proses kejadian
dalam fisika Berawal dan itu timbul permasalahan adakah perbedaan yang
signifikan antara tes awal dan terakhir hasil belajar fisika dalam pembelajaran
menggunakan metode eksprimen dengan menggunakan alat-alat praktikum
sederhana? dan bagaimana efektifitas penggunaan metode eksperimen dengan
menggunakan alat-alat praktikum sederhana dalam pembelajaran fisika?. Tujuan
dalam penelitian ini adalah untuk mengetahui perbedaan yang signifikan antara tes
awal dan tes akhir hasil belajar fisika dalam pembelajaran menggunakan metode
eksperimen dengan menggunakan alat-alat praktikum sederhana dan untuk
mengetahui efekfitas penggunaan metode eksperimen dengan menggunakan alat alat
praktiktum sederhana dalam pembelajaran fisika Dalam penelitian ini digunakan
rancangan one group pretes postes design daerah penelitian ditetapkan di SLTP
Negeri 2 Silo pada kelas I A Pengumpulan data yang digunakan adalah dokumentasi,
ubservasi, interviu dan tes. Anallsa data untuk menentukan, perbedaan yang
signifikan antara pre-tes dan pos-tes digunakan rumus: t Md Ex2d/ N(N-1) dan
efektifitas metode ekseperimen dengan menggunakan alat-alat praktiikum sederhana
ditemukan dengan n = (N2-N1 / N1) x 100% Dari hasil analisa data dan pengujian
hipotesis diperoleh bahwa thit= 15 ,68 sedangkan ttabel = 2,015 sehingga Ho ditolak.
Untuk nilai efektifitas diperoleh 31,1 Q% yang menunjukkan kriteria cukup efektif
sehingga dapat disimpulkan bahwa ada perbedaan yang signifikan antara hasil
belaJar fisika sebelum dan sesudah pembelajarao fisika siswa dengan metode
ekseperimen menggunakan ,alat-alat praktikum sederhana dengan kriteria cukup
efektif Dengan demikian pembelajaran fisika metode eksperimen dengan
menggunakan alat praktikum sederhana dapat digunakan sebagai salah satu metode
penyampaian maten pokok bahasan Zat dan Wujudnya. | en_US |