PENGGUNAAN PENDEKATAN KETERAMPilAN PROSES UNTUK MENINGKATKAN PRESTASI BELAJAR FISIKA PADA BAHAN KAJIAN GAYA, SISWA KELAS 18 SLTP NEGERI 2 PANARUKAN SITUBONDO CAWU II TAHUN PELAJARAN 2000/2001
Abstract
Penelitian ini dilaksanakan berdasarkan kondisi objektif di SLTP Negeri 7
Panarukan yang diantaranya adalah kurang optimalnya tingkat intelektual siswa,
kelengkapan alat dan bahan setia kepustakaan sekolah yang kurang memadai
sementara dalam pembelajaran fisika perlu dikembangkan keterampilan. cara
berpikir, bersikap dan berkreatifitas siswa sehingga siswa menemukan dan
memahami konsep. Masalah yang diangkat dalam penelitian ini adalah apakah
dengan Pendekatan Keterampilan Proses dapat meningkatkan prestasi belajar fisika di
kelas I B pada bahan kajian Gaya. Penelitian ini berttujuan untuk meningkatkan
prestatsi belajar fisika dengan pendekatan keterampilan proses Manfaat yang
diharapkan adalah agar peneliti dapat meningkatkan kualitas pembelajaran demi
meningkatnya prestasi belajar siswa dan bagi rekan guru Fisika sebagai acuan dan
pertimbangan dalam menetapkan pendekatan pembelajaran Penelltian tindakan kelas
(PTK) dilaksanakan di kelas I 8 SL TP Negeri 2 Panarukan Situbondo pada catur
wulan II Tahun Pelajaran 2000/2001 yang terdiri dari 21 siswa PTK dilaksanakan
melalui dua siklus setiap siklus terdiri dari pcrencanaan, tindakan, obscrvasi dan
reaksi. Pengumpulan data diperoleh dengan les yang dianalisis secara kuanlitatif
pada setiap akhir siklus dcngan rumus ketuntasan belajar. Pada akhir siklus diketahui
terjadi peningkatan yaitu pada akhir siklus I terjadi peningkatan prestasi siswa
sebesar 33,3% dan pada akhir siklus 2 sebesar 29,3% Jadi dapal disimpulkan bahwa
penggunaan pendekatan keterampilan proses pada pembelajaran Fisika khususnya
pada bahan kajian Gaya dapat meningkatkan prestasi siswa sehingga disarankan
kcpada guru Fisika untuk menggunakan pendekatan pcmbelajaran keterampilan
proses tersebut
Collections
- UT-Faculty of Law [6214]