• Login
    View Item 
    •   Home
    • UNDERGRADUATE THESES (Koleksi Skripsi Sarjana)
    • UT-Faculty of Law
    • View Item
    •   Home
    • UNDERGRADUATE THESES (Koleksi Skripsi Sarjana)
    • UT-Faculty of Law
    • View Item
    JavaScript is disabled for your browser. Some features of this site may not work without it.

    PENGGUNAAN PENDEKATAN KETERAMPilAN PROSES UNTUK MENINGKATKAN PRESTASI BELAJAR FISIKA PADA BAHAN KAJIAN GAYA, SISWA KELAS 18 SLTP NEGERI 2 PANARUKAN SITUBONDO CAWU II TAHUN PELAJARAN 2000/2001

    Thumbnail
    View/Open
    Hartono_irh.pdf (1.626Mb)
    Date
    2015-02-05
    Author
    Hartono
    Metadata
    Show full item record
    Abstract
    Penelitian ini dilaksanakan berdasarkan kondisi objektif di SLTP Negeri 7 Panarukan yang diantaranya adalah kurang optimalnya tingkat intelektual siswa, kelengkapan alat dan bahan setia kepustakaan sekolah yang kurang memadai sementara dalam pembelajaran fisika perlu dikembangkan keterampilan. cara berpikir, bersikap dan berkreatifitas siswa sehingga siswa menemukan dan memahami konsep. Masalah yang diangkat dalam penelitian ini adalah apakah dengan Pendekatan Keterampilan Proses dapat meningkatkan prestasi belajar fisika di kelas I B pada bahan kajian Gaya. Penelitian ini berttujuan untuk meningkatkan prestatsi belajar fisika dengan pendekatan keterampilan proses Manfaat yang diharapkan adalah agar peneliti dapat meningkatkan kualitas pembelajaran demi meningkatnya prestasi belajar siswa dan bagi rekan guru Fisika sebagai acuan dan pertimbangan dalam menetapkan pendekatan pembelajaran Penelltian tindakan kelas (PTK) dilaksanakan di kelas I 8 SL TP Negeri 2 Panarukan Situbondo pada catur wulan II Tahun Pelajaran 2000/2001 yang terdiri dari 21 siswa PTK dilaksanakan melalui dua siklus setiap siklus terdiri dari pcrencanaan, tindakan, obscrvasi dan reaksi. Pengumpulan data diperoleh dengan les yang dianalisis secara kuanlitatif pada setiap akhir siklus dcngan rumus ketuntasan belajar. Pada akhir siklus diketahui terjadi peningkatan yaitu pada akhir siklus I terjadi peningkatan prestasi siswa sebesar 33,3% dan pada akhir siklus 2 sebesar 29,3% Jadi dapal disimpulkan bahwa penggunaan pendekatan keterampilan proses pada pembelajaran Fisika khususnya pada bahan kajian Gaya dapat meningkatkan prestasi siswa sehingga disarankan kcpada guru Fisika untuk menggunakan pendekatan pcmbelajaran keterampilan proses tersebut
    URI
    http://repository.unej.ac.id/handle/123456789/61288
    Collections
    • UT-Faculty of Law [6321]

    UPA-TIK Copyright © 2024  Library University of Jember
    Contact Us | Send Feedback

    Indonesia DSpace Group :

    University of Jember Repository
    IPB University Scientific Repository
    UIN Syarif Hidayatullah Institutional Repository
     

     

    Browse

    All of RepositoryCommunities & CollectionsBy Issue DateAuthorsTitlesSubjectsThis CollectionBy Issue DateAuthorsTitlesSubjects

    My Account

    LoginRegister

    Context

    Edit this item

    UPA-TIK Copyright © 2024  Library University of Jember
    Contact Us | Send Feedback

    Indonesia DSpace Group :

    University of Jember Repository
    IPB University Scientific Repository
    UIN Syarif Hidayatullah Institutional Repository