• Login
    View Item 
    •   Home
    • UNDERGRADUATE THESES (Koleksi Skripsi Sarjana)
    • UT-Faculty of Law
    • View Item
    •   Home
    • UNDERGRADUATE THESES (Koleksi Skripsi Sarjana)
    • UT-Faculty of Law
    • View Item
    JavaScript is disabled for your browser. Some features of this site may not work without it.

    IDENTIFIKASI KESALAHAN KONSEP DENGAN MENGGUNAKAN TES OBYEKTIF DISERTAI ALASAN (Studi Tentang Kesalahan Konsep Fisika Pada Siswa SMU Negeri I Jember Kelas I Cawu II Pokok Bahasan Elastisitas Tahun Ajaran 2000/2001

    Thumbnail
    View/Open
    Eva Muhafilah_irh.pdf (1.370Mb)
    Date
    2015-02-05
    Author
    Eva Muhafilah
    Metadata
    Show full item record
    Abstract
    Siswa memperoleh pengalaman dan lingkungannya yang terkadang tidak sesuai dengan konsep-konsep yang dipelajari dalam kegiatan belajar mengajar di sekolah. Adanya perbedaan itu menycbabkan salah konsep pada siswa. Hal ini dapat d1idcntifikasi dengan bentuk soal tes salah satunya tes obyektif disertai alasan, sehingga timbul suatu permasalahan seberapa besar tmgkat kesalahan konsep fisika pacta siswa dengan menggunakan tes obyektif disertai alasan. Tujuan yang ingin d1capai yaitu untuk mengetahui seberapa besar tingkat kesalahan konsep dengan menggunakan tes obyektif disertai alasan. Metode pengumpulan data yang digunakan adalah metode dokumentasi dari mlai ulangan harian siswa pada pokok bahasan impuls, momentum dan tumbukan~ metode interview dan metode tes. Data yang d1peroleh dianalisa dengan menggunakan rumus tingkat kcsalahan konsep, datanya berupa data kesalahan konsep tisika dari jawaban siswa. Setelah diperoleh jawaban dari nomor soal, dianalisa ada berapa tmgkat kcsalahan konsepnya untuk tiap katagori dan rata-rata dari semua katagori. Dari hasil analisis dapat disimpulkan bahwa tingkat kesalahan konsep untuk katagori kesalahan menentukan topik: 53,2%; katagori kesalahan menuliskan ciri-ciri penting dari konsep: 42 ,5%~ katagori menuliskan rumus. 13 ,5%; katagori kesalahan menuliskan satuan: 15,8%, katagori kesalahan mengerjakan soal secara matematis: 16,67%; secara umum rata-rata tingkat kesalahan konsep dari semua katagori sebesar 28,3%. Sehingga tes obyektif dapat mendeteksi kesalahan konsep fisika
    URI
    http://repository.unej.ac.id/handle/123456789/61286
    Collections
    • UT-Faculty of Law [6321]

    UPA-TIK Copyright © 2024  Library University of Jember
    Contact Us | Send Feedback

    Indonesia DSpace Group :

    University of Jember Repository
    IPB University Scientific Repository
    UIN Syarif Hidayatullah Institutional Repository
     

     

    Browse

    All of RepositoryCommunities & CollectionsBy Issue DateAuthorsTitlesSubjectsThis CollectionBy Issue DateAuthorsTitlesSubjects

    My Account

    LoginRegister

    Context

    Edit this item

    UPA-TIK Copyright © 2024  Library University of Jember
    Contact Us | Send Feedback

    Indonesia DSpace Group :

    University of Jember Repository
    IPB University Scientific Repository
    UIN Syarif Hidayatullah Institutional Repository