PEMBELAJARAN FISIKA DENGAN METODE DEMONSTRASI PADA POKOK BAHASAN RANGKAIAN USTRIK ARUS SEARAH (PENELITIAN TINDAKAN KElAS PAOA SISWA KELAS IIA CAWU 2 SMU NEGERI I SUBOH SITUBONDO TAHUN AJARAN 2000/2001
Abstract
Banyak faktor yang dapat mempengarubi basil belajar, salah satu diantaranya
adalah penggunaan metode mengajar. Penggunaan metode mengajar yang tepat akan
mempermudah siswa dalam. menyerap materi pelajaran dan dapat mendekatkan proses
belajar mengajar pada tujuan yang diharapkan. Permasalahan yang diajukan antara
lain: 1) Bagaimana aktivitas siswa selama pembelajaran ? 2) Bagaimana ketertarik.an
siswa terhadap metode demonstrasi ? Bagaimana peningkatan pemahaman konsep ?.
Penelitian ini bertujuan antara lain: 1) Mengakti.tkan siswa selama pembelajaran. 2)
Mengkaji ketertarilcan siswa terhadap metode. 3) untuk mengetahui peningkatan
pemahaman konsep pokok babasan rangkaian listrik arus searah. Prosedur dan
langkah-Jangkah penelitian ini mengilcuti prinsip-prinsip dasar yang berlaku dalam
penelitian tindakan. Sedang rancangan yang peneliti pergunakan adalah rancangan
penelitian tindakan dengan model siklus. Subjek penelitian ini adalah siswa kelas ITA
(36 orang) dengan kemampuan yang heterogen. Data diperoleh dari observasi,
wawancara, tes dan dokumentasi. Data dianalisis berdasarkan ketuntasan belajar
klasikal dan membandingkan tingkat ketercapaian (%) pada ranah Ct (ingatan), C2
(pemahaman) dan c3 (penerapan) dari nilai pretest dan posttest. Hasil analisa data
menunjukkan bahwa teijadi peningkatan tingkat ketercapaian (%) pada ranah Ct
sebesar 37,1%, Ct + C3 sebesar 52,9% dan C3 sebesar 53,2%. Saran yang diberikan
dalam kegiatan pembelajaran hendaknya guru selalu mengamati jalannya proses
belajar mengajar agar dapat mengetahui kelemahannya sehingga dapat menentukan
langkah apa guna mengatasinya.
Collections
- UT-Faculty of Law [6257]