• Login
    View Item 
    •   Home
    • UNDERGRADUATE THESES (Koleksi Skripsi Sarjana)
    • UT-Faculty of Law
    • View Item
    •   Home
    • UNDERGRADUATE THESES (Koleksi Skripsi Sarjana)
    • UT-Faculty of Law
    • View Item
    JavaScript is disabled for your browser. Some features of this site may not work without it.

    PEMBELAJARAN FISIKA DENGAN METODE DEMONSTRASI PADA POKOK BAHASAN RANGKAIAN USTRIK ARUS SEARAH (PENELITIAN TINDAKAN KElAS PAOA SISWA KELAS IIA CAWU 2 SMU NEGERI I SUBOH SITUBONDO TAHUN AJARAN 2000/2001

    Thumbnail
    View/Open
    Endang Winarti_irh.pdf (2.025Mb)
    Date
    2015-02-05
    Author
    Endang Winarti
    Metadata
    Show full item record
    Abstract
    Banyak faktor yang dapat mempengarubi basil belajar, salah satu diantaranya adalah penggunaan metode mengajar. Penggunaan metode mengajar yang tepat akan mempermudah siswa dalam. menyerap materi pelajaran dan dapat mendekatkan proses belajar mengajar pada tujuan yang diharapkan. Permasalahan yang diajukan antara lain: 1) Bagaimana aktivitas siswa selama pembelajaran ? 2) Bagaimana ketertarik.an siswa terhadap metode demonstrasi ? Bagaimana peningkatan pemahaman konsep ?. Penelitian ini bertujuan antara lain: 1) Mengakti.tkan siswa selama pembelajaran. 2) Mengkaji ketertarilcan siswa terhadap metode. 3) untuk mengetahui peningkatan pemahaman konsep pokok babasan rangkaian listrik arus searah. Prosedur dan langkah-Jangkah penelitian ini mengilcuti prinsip-prinsip dasar yang berlaku dalam penelitian tindakan. Sedang rancangan yang peneliti pergunakan adalah rancangan penelitian tindakan dengan model siklus. Subjek penelitian ini adalah siswa kelas ITA (36 orang) dengan kemampuan yang heterogen. Data diperoleh dari observasi, wawancara, tes dan dokumentasi. Data dianalisis berdasarkan ketuntasan belajar klasikal dan membandingkan tingkat ketercapaian (%) pada ranah Ct (ingatan), C2 (pemahaman) dan c3 (penerapan) dari nilai pretest dan posttest. Hasil analisa data menunjukkan bahwa teijadi peningkatan tingkat ketercapaian (%) pada ranah Ct sebesar 37,1%, Ct + C3 sebesar 52,9% dan C3 sebesar 53,2%. Saran yang diberikan dalam kegiatan pembelajaran hendaknya guru selalu mengamati jalannya proses belajar mengajar agar dapat mengetahui kelemahannya sehingga dapat menentukan langkah apa guna mengatasinya.
    URI
    http://repository.unej.ac.id/handle/123456789/61285
    Collections
    • UT-Faculty of Law [6315]

    UPA-TIK Copyright © 2024  Library University of Jember
    Contact Us | Send Feedback

    Indonesia DSpace Group :

    University of Jember Repository
    IPB University Scientific Repository
    UIN Syarif Hidayatullah Institutional Repository
     

     

    Browse

    All of RepositoryCommunities & CollectionsBy Issue DateAuthorsTitlesSubjectsThis CollectionBy Issue DateAuthorsTitlesSubjects

    My Account

    LoginRegister

    Context

    Edit this item

    UPA-TIK Copyright © 2024  Library University of Jember
    Contact Us | Send Feedback

    Indonesia DSpace Group :

    University of Jember Repository
    IPB University Scientific Repository
    UIN Syarif Hidayatullah Institutional Repository