PENGGUNAAN ALAT PERCOBAAN SEDERHANA DISERTAI LKS DALAM PEMBElAJARAN FISIKA PADA POKOK BAHASAN USAHA (Studi kuasi eksperimen bahan kajian Usaha pada siswa kelas I C dl SLTP -4 Jember Tahun pelajaran 2000/2001)
Abstract
Pembaharuan dalam IPTEK menuntut siswa sebagai subyek didik untuk
lebih aktif, kreatif, dan partitif. Upaya yang dilakukan peneliti adalah
menggunakan alat percobaan sederhana disertai LKS dalam membelajarkan fisika.
Permasalahan: I )Adakah perbedaan yang signifikan antara hasil belajar siswa
sebelum dan sesudah pembelajaran fisika dengan menggunakan alat percobaan
sederhana disertai LKS?;2)Seberapa besar efektifitas pembelajaran fisika dengan
menggunakan alat percobaan sederhana disertai LKS?;3)Apakah pembelajaran
fisika dengan menggunakan alat percobaan sederhana disertai LKS dapat
memberikan penguasaan ketrampilan proses dasar pada siswa SLTP?.Tujuan:
1 )untuk mengetahui apakah ada perbedaan yang signifikan antara hasil belajar
lisika dengan menggunakan alat percobaan sederhana disertai LKS;2)untuk
mengetahui seberapa besar efektifitas pembelajaran fisika dengan menggunakan
alat percobaan sederhana disertai LKS; 3 )untuk mengetahui apakah pembelajaran
fisika dengan menggunakan alat percobaan sederhana disertai LKS dapat
memberikan penguasaan ketrampilan proses dasar pada siswa SLTP. Manfaat.
sebagai upaya memngkatkan hasil belajar lis1ka, sebagai altematif guru d1dalam
membelajarkan fisika siswa.Responden adalah siswa kelas I C SLTP 4 .lember,
ditentukan: mengambil satu kelas langsung. Metode pengumpulan data. I )uji t
tes:2 )prosentas efektifitas pembelajaran3 )prosentase penguasaan ketrampilan
proses dasar siswa:Hasil analisis data t hitung =9,10 dan t tabel = 1,677. Pada
taraf si1:,rnifikan 5% t hitung tidak terletak pada penerimaan Ho. Sehingga ada
perbedaan yang signifikan antara hasil belajar fisika siswa kelas IC sebelum dan
sesudah pembelajaran menggunakan alat percobaan sederhana disertai
LKS.Efektifitas pembelajaran fisika 41 %.Kemampuan siswa kelas I C yaitu
mengamati 83,48%, menggunakan alat dan bahan 82,61 %, berkomunikasi
83,33%, bertanya 57,61%, meramalkan 93,48%, dan menyimpulkan 67,39%.
Disimpulkan bahwa; I) ada perbedaan yang signifikan antara hasil belajar fisika
siswa kelas I C sebelum dan sesudah pembelajaran dengan menggunakan alat
percobaan sederhana disertai LKS; 2) Besamya efektifttas pembelajaran fisika
dengan menggunakan alat percobaan sederhana disertai LKS 41% sehingga cukup
cfcktrf, 3) Pembelajaran fisika dengan menggunakan alat percobaan sederhana
d1sertai LKS dapat membenkan penguasaan ketrarnpilan proses dasar pada siswa
kelasI C cawu Ill d1 SLTP 4 Jember.
Collections
- UT-Faculty of Law [6243]