EFEKTIFITAS ANALISIS KEJADIAN FISIKA SEHARI-HARI DALAM MENINGKATKAN PENGUASAAN KONSEP FISIKA (Studi pada Siswa Kelas II Cawu II Bahan Kajian Bunyi dl SLTP Negeri I Pujer Bondowoso Tahun Pelajaran 1999/2000)
Abstract
Dalam proses pembelajaran fisika, guru sering mejumpai siswa yang
mengalami kesulitan untuk mengerti pembelajaran fisika Salah satu upaya untuk
meningkntkan pencapaian hasil belajar siswa yang maksimal diantaranya dengan
mengguna.kan Analisis Kejadian Fisika sehari-hari.
Permasalahan yang diajukan dalam penelitian ini adalah "adakah peningkatan
penguasaan konsep fisika siswa dengan menggunakan Analisis Kejadian Fisika
Sehari-harii dan seberapa besar efektifitas analisis kejadian fisika sehari-hari dalam
meningkal.kan penguasaraan konsep fisika. pada pokok bahasan bunyi pada siswa kelas
II cawu II di SL TP Negeri I Pujer Bondowoso tahun pelajaran 1999/2000"
Penelitian ini bertujuan : untuk mengkaji adakah peningkatan penguasaa.n
konsep fisika siswa yang menggunakan pembelajaran dengan analisis kejadian fisika
sehari-hari pada siswa kelas II bahan kajian bunyi dan untuk mengetahui seberapa
besar efektifitas Analisis kejadian fisika sehari-hari dalam meningkatkan penguasaan
konsep fisika pada pokok bahasan bunyi siswa kelas II SLTP untuk bahan kajian
bunyi .
.Hasil analisis data dengan uji t-tes diperoleh t-hitung sebesar 14,3 pada taraf
signifikan 5% dan db 33 diperoleh t-tabel sebesar 2,02 berarti t-hitung > t-tabel
schingga hipotesis nihil ditolak sebaliknya hipotesis altematif diterima. Sedangkan
efektifitas pembelajaran fisika dengan analisis kejadian fisika sehari-hari sebesar
25, 11%.
Hasil dari penelitian ini menunjukan bahwa pembelajaran dengan Analisis
kejadian fisika sehari hari sebagai salah satu altenatif pembelajaran fisika untuk
memungkinkan penguasaan konsep fisika sangat efektif digunakan dalam
pembelajaran fisika
Collections
- UT-Faculty of Law [6214]