EFEKTIFITAS METODE KERJA KELOMPOK DAN METODE DEMONSTRASI Dl DALAM LABORATORIUM TERHADAP HASIL BELAJAR FISIKA POKOK BAHASAN CAHAYA (Studi Perbandingan Hasll Belalar Pada Siswa Kelas II Cawu 2 SLTPN OS Jember)
Abstract
Permasalahan yang diambil dalam penelitian ini adalah
perbedaan keefektifan antara metoda kerja kelompok dan metode
demonstrasi di dalam laboratorium terhadap hasil belajar fisika pokok
bahasan cahaya siswa kelas II cawu 2 SLTPN 05 Jember, lebih efektif
yang manakah antara metode kerja kelompok dan metode demonstrasi
terhadap hasil belajar fisika pokok baha.san cahaya siswa kelas II cawu
2 SLTPN 05 Jember. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui
ada tidaknya perbedaan efektifitas antara metode kelja kelompok dan
metode demonstrasi di dalam laboratorium terhadap basil belajar fisika
siswa kelas II cawu 2 SLTPN 05 Jember, Untuk megetahui motode
manakah yang lebih efektif terhadap hasil belajar siswa. Secara teoritis
siswa yang proses belajar mengajar dengan mengguna.ka.n metoda
kerja kelompok di laboratorlum dapat meningkatan hasil belajarnya.
Hal ini juga diperkuat dengan basil penelitian yang menunjukkan
bahwa siswa yang proses belajarnya menggunakan metode kerja
kelompok basil belajamya labih baik dibandingkan dengan metoda
demanstrasi. Jadi proses belajar mengajar dengan menggunakan
metoda kerja kelompok di laboratorium lebih efektif dibanding dengan
metode demonstrasi di laboratorium.
Collections
- UT-Faculty of Law [6257]