• Login
    View Item 
    •   Home
    • UNDERGRADUATE THESES (Koleksi Skripsi Sarjana)
    • UT-Faculty of Teacher Training and Education
    • View Item
    •   Home
    • UNDERGRADUATE THESES (Koleksi Skripsi Sarjana)
    • UT-Faculty of Teacher Training and Education
    • View Item
    JavaScript is disabled for your browser. Some features of this site may not work without it.

    PENGARUH PENGGUNAAN MEDIA MANIPULATIF DAN MEDIA GAMBAR TERHADAP HASIL BELAJAR SISWA KELAS V PROGRAM STUDI JURUSAN ILMU PENDIDIKAN FAKULTAS KEGURUAN DAN ILMU PENDIDIKAN PADA MATA PELAJARAN IPA

    Thumbnail
    View/Open
    KRISTINA KUMALASARI_001.pdf (123.5Kb)
    Date
    2013-12-08
    Author
    KRISTINA KUMALASARI
    Metadata
    Show full item record
    Abstract
    Pendidikan di SD saat ini sangat penting karena SD adalah dasar atau pondasi dari segala pendidikan. Di SD siswa diajarkan konsep-konsep yang sangat mendasar yang berkaitan dengan gejala-gejala alam di lingkungan. Dari awal konsep yang diterima siswa harus benar secara ilmiah. Hal ini perlu diperhatikan karena apabila siswa tidak menerima konsep yang benar secara ilmiah maka dalam jenjang pendidikan selanjutnya siswa akan mengalami kesulitan dalam menghubungkan dengan konsep-konsep yang relevan. Untuk itu tanggung jawab guru SD sangat besar karena berperan penting dalam menanamkan konsep-konsep dasar pada siswa. Untuk dapat mencapai tujuan yang diharapkan tersebut diperlukan kesiapan dan kemampuan guru dalam mengelola kegiatan pembelajarannya. Agar pemberlajaran efektif dan siswa memahami materi yang diajarkan, maka dalam memberikan penjelasan materi guru perlu menggunakan media. Berdasarkan latar belakang tersebut diperoleh rumusan masalah:1) Adakah perbedaan hasil belajar yang menggunakan media manipulatif dengan hasil belajar yang menggunakan media gambar; 2) Bagaimanakah ketuntasan hasil belajar siswa dengan menggunakan media manipulatif; 3) Bagaimanakah ketuntasan hasil belajar siswa dengan menggunakan media gambar. Berdasarkan rumusan masalah, tujuan penelitian ini adalah: 1) Untuk memaparkan perbedaan hasil belajar siswa dengan menggunakan media manipulatif dan media gambar; 2) Untuk melihat ketuntasan hasil belajar siswa dengan media manipulatif pada mata pelajaran IPA; 3) Untuk viii melihat ketuntasan hasil belajar siswa dengan media gambar pada mata pelajaran IPA. Penelitian ini dilakukan di SDN 2 Tembokrejo mulai tanggal 10 Maret 2011 sampai 26 Maret 2011 dengan subjek penelitiannya adalah semua siswa kelas VA dan VB SDN 2 Tembokrejo. Penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif. Jenis penelitian yang digunakan adalah Penelitian Ekperimental dengan menggunakan metode pengumpulan data antara lain tes, observasi, dokumentasi. Sedangkan dalam analisis data digunakan: Uji ttes untuk mengetahui perbedaan hasil belajar IPA antara yang menggunakan media manipulatif dan yang menggunkan media gambar; ketuntasan hasil belajar siswa digunakan untuk mengetahui ketuntasan belajar pada kelas yang menggunakan media manipiulatif dan kelas yang menggunakan media gambar. Hasil penelitian menunjukkan bahwa ttes yang diperoleh sebesar thiting = 5,978 sedang ttabel = 1.99867, sehingga thitung > ttabel maka hipotesis nihil (H0) ditolak dan hipotesis alternatif (Ha) diterima. Sehingga dapat disimpulkan bahwa ada perbedaan yang signifikan antara hasil belajar IPA menggunakan media manipulatif dan media gambar di SDN 2 Tembokrejo. Pada ketuntasan belajar siswa selama mengikuti pembelajaran IPA dengan menggunakan media manipulatif sebesar 84,8% sedangkan ketuntasan belajar siswa selama mengikuti pembelajaran IPA dengan menggunakan media gambar sebesar 78,7%. Berdasarkan hasil belajar siswa tersebut di atas, maka dapat diartikan bahwa penelitian menggunakan media manipulatif lebih bagus dalam meningkatkan hasil belajar siswa karena hasil belajar siswa terbilang sangat tuntas.
    URI
    http://repository.unej.ac.id/handle/123456789/6127
    Collections
    • UT-Faculty of Teacher Training and Education [15461]

    UPA-TIK Copyright © 2024  Library University of Jember
    Contact Us | Send Feedback

    Indonesia DSpace Group :

    University of Jember Repository
    IPB University Scientific Repository
    UIN Syarif Hidayatullah Institutional Repository
     

     

    Browse

    All of RepositoryCommunities & CollectionsBy Issue DateAuthorsTitlesSubjectsThis CollectionBy Issue DateAuthorsTitlesSubjects

    My Account

    LoginRegister

    Context

    Edit this item

    UPA-TIK Copyright © 2024  Library University of Jember
    Contact Us | Send Feedback

    Indonesia DSpace Group :

    University of Jember Repository
    IPB University Scientific Repository
    UIN Syarif Hidayatullah Institutional Repository