• Login
    View Item 
    •   Home
    • UNDERGRADUATE THESES (Koleksi Skripsi Sarjana)
    • UT-Faculty of Law
    • View Item
    •   Home
    • UNDERGRADUATE THESES (Koleksi Skripsi Sarjana)
    • UT-Faculty of Law
    • View Item
    JavaScript is disabled for your browser. Some features of this site may not work without it.

    EFEKTIFITAS METODE EKSPERIMEN YANG MENGGUNAKAN PETUNJUK PRAKTIKUM DENGAN YANG MENGGUNAKAN LEMBAR KERJA SISWA (LKS) DALAM PEMBELAJARAN FISIKA BAHAN KAJIAN GELOMBANG 01 MADRASAH . ALIYAH NEGERI I JEMBER KE~S I CAWU 3 TAHUN AJARAN 1919/2000

    Thumbnail
    View/Open
    Shohibul Alim_irh.pdf (1.390Mb)
    Date
    2015-02-05
    Author
    Shohibul Alim
    Metadata
    Show full item record
    Abstract
    Banyak faktor yang dapat mempengaruhi hasil belajar seseorang salah satu diantaranya ialah siswa menerima materi pelajaran dan mendekatkan kegiatan belajar mengajar pada tujuan yang diharapkan. Permasalahan yang diajukan dalam penelitian ini adalah: adakah perbedaan hasil belajar fisika antaraa metode eksperimen yang menggunakan petunjuk praktikum dengan yang mengglmakan LKS Jalam pembelajaran fisika bahan kajian gelombang di MAN I Jmber kelas I cawu1 Talmn Ajaran 1999/2000. Dan jika ada metode mana yang lebih efektif antara metode eksperimen yang menggunakan petunjuk praktikum dengan yang menggunakan LKS dalam pembelajaran fisika. Penelitian ini bertujuan : ( 1) Ingin mengetahui perbedaan hasil belajar fisika antara rnetode eksperimen yang menggunakan petunju.k praktikum dcngan yang menggunakan LKS dalam pembelajaran fisika bahan kajian gelombang di MAN I Jember kelas I cawu 1 Talum Ajaran 1999/2000. (2) Ingin mengetahui sejauh mana efekiifitas antara metode eksperimen yang menggtmakan petunjuk praktikum dengan yang menggunakan LKS dalam pembelajaran fisika bahan kajian gelombang di MAN I Jember kelas I cawu l Tahun Ajaran 1999/2000. Metode pengumpulan data yang digunakan adalah metode observasi , metode dokumentasi dan metode tes. Penarikan sampel yang dilalalkan dengan cluster random sampling, kelas yang dijadikan sampel 2 kelas dari 4 kelas dan untuk menentukan kelas eksperimen I dan kelas eksprimen II diada.kan dengan tehnik undian. Uji statiska yang digunakan ialah uji test untuk mengetahui perbedaan basil belajar fisika Hasil analisis data dengan uji test diperoleh tuntung sebesar 5,12, sedangkan pada taraf signifikansi 5%· dengan db 92 diperoleh harga ttabel 1.971 berarti tuntung > ttabel. Efektifitas dari metode eksperimen yang menggunakan LKS sebesar 27,99% dan termasuk katagori cukup efektif. Dengan demikian dapat disimpulkan sebagai berikut: (1) Ada perbedaan antara metode eksperimen yang menggunakan petunjuk praktikum dengan yang menggunakan LKS dalam pembelajaran fisika bahan kajian gelombang di MAN I Jember kelas I cawu 1 Tahun Ajaran 1999/2000. (2) Metode eksperimen yang menggunakan LKS lebih efektif eli banding dengan metode eksperimen yang menggunakan petunjuk praktikum dengan taraf keefektifitas sebesar 27,99% yang berarti cukup efektif
    URI
    http://repository.unej.ac.id/handle/123456789/61265
    Collections
    • UT-Faculty of Law [6287]

    UPA-TIK Copyright © 2024  Library University of Jember
    Contact Us | Send Feedback

    Indonesia DSpace Group :

    University of Jember Repository
    IPB University Scientific Repository
    UIN Syarif Hidayatullah Institutional Repository
     

     

    Browse

    All of RepositoryCommunities & CollectionsBy Issue DateAuthorsTitlesSubjectsThis CollectionBy Issue DateAuthorsTitlesSubjects

    My Account

    LoginRegister

    Context

    Edit this item

    UPA-TIK Copyright © 2024  Library University of Jember
    Contact Us | Send Feedback

    Indonesia DSpace Group :

    University of Jember Repository
    IPB University Scientific Repository
    UIN Syarif Hidayatullah Institutional Repository