MENGOPTIMALKAN HASIL BELAJAR SISWA BIDANG STUDI BIOLOGI DENGAN MENGGUNAKAN METODE DISKUSI KELOMPOK SISWA KELAS III. F Dl SLTP 2 AMBULU TAHUN PELAJARAN 2000/2001
Abstract
Tujuan pengajaran merupakan hasil dari kegiatan fisik dan proses mental
yang terjadi pada din siswa. Oleh karena itu kegiatan belajar yang dipilih dan
prosedur pembelajaran yang disusun harus memberi kesempatan yang lebih
banyak bagi siswa untuk berpartisipasi dalam kegiatan tersebut. salah satu metode
yang dapat dipakai untuk memacu siswa agar aktit" mengikuti proses belajar
mengajar adalah metode diskusi kelompok. Permasalahan yang dapat dirumuskan
bagaimanakah aktifitas siswa dan hasil belajar siswa bidang studi biologi dengan
menggunakan metode diskusi kelompok di SLTP 2 Ambulu dengan konsep
kelangsungan hidup organisme. Setelah diadakan penelitian dan anahsis data
temyata didapatkan hasil yang berbcda antara siklus 1 dan siklus 2 dimana pada
siklus 2 terdapat peningkatan prestasi dibandingkan dengan siklus I. Hal ini
disebabkan oleh beberapa faktor antara lain: ( 1) adanya informasi awal yang
cukup, sehingga siswa mempunyai pengetahuan yang berhubungan dengan topik
akan didiskusikan. (2) pengaturan kelompok, dimana siswa-siswa terampil
berdiskusi tersebar merata pada setiap kelompok, sehingga anggota-anggota yang
pendiam terrnotivasi o\eh kehadiran anggota yang aktif, dan (3) sebagian besar
siswa yang mengikuti kegiatan diskusi dengan aktif atau berpartisipasi secara
aktif da\am mengikuti kegiatan diskusi.
Penelitian ini diharapkan dapat bermanfaat sebagai bahan masukan bagi
guru yang akan menggunakan mctode diskusi untuk meningkatkan hasil belajar
siswa sehingga mendapatkan hasil yang diharapkan
Collections
- UT-Faculty of Law [6257]