• Login
    View Item 
    •   Home
    • UNDERGRADUATE THESES (Koleksi Skripsi Sarjana)
    • UT-Faculty of Law
    • View Item
    •   Home
    • UNDERGRADUATE THESES (Koleksi Skripsi Sarjana)
    • UT-Faculty of Law
    • View Item
    JavaScript is disabled for your browser. Some features of this site may not work without it.

    IMPLEMENT AS! METODE DEMONSTRASI DAN ANALOGI SEBAGAI STRATEGI UNTIJK MENGUBAH MISKONSEPSI FISIKA (Studi Deskriptif pada Siswa Kelas II B Cawu 1 Pokok Babasan Kalor dan Perpindabannya di SLTP Negeri 5 Jember)

    Thumbnail
    View/Open
    Rika Maulidia_irh.pdf (1.673Mb)
    Date
    2015-02-05
    Author
    Rika Maulida
    Metadata
    Show full item record
    Abstract
    Masalah yang timbul dalam mempelajari fisika khususnya pemahaman konsep fisika tidak cukup hanya dijelaskan dengan menggunakan ceramah atau membaca teks saja. Penyampaian konsep fisika melalui kata-kata saja dapat menimbulkan salah tafsir atau salah dalam memahami konsep fisika tersebut. Siswa memerlukan model-model yang nyata untuk mendalami pengertian tentang konsepkonsep fisika yang cenderung abstrak. Sehingga dengan penerapan metode demonstrasi dan analogi sebagai strategi untuk mengubah konsep awal siswa yang salah menuju konsep yang benar merupakan strategi yang dapat meningkatkan hasil belajar siswa dalam memahami konsep fisika yang diberikan secara baik dan benar. Perrnasalahan dalam penelitian ini adalah : ( 1) apakah miskonsepsi fisika siswa dapat diubah menjadi tonsep yang benar (ilmiah) melalui pembelajaran dengan metode demonstrasi dan analogi, (2) apakah hasil belajar fisika siswa makin meningkat dengan pembelajaran yang menggunakan metode demonstrasi dan analogi, (3) bagaimana persepsi dan respon siswa mengenai pembelajaran dengan metode demonstrasi dan analogi. Penelitian ini bertujuan untuk : ( 1) mengetahui apakah dengan penerapan metode demonstrasi dan analogi, miskonsepsi fisika siswa dapat berubah menjadi konsep yang benar (ilmiah), (2) mengetahui apakah hasil belajar fisika siswa makin meningkat dengan pembelajaran yang menerapkan metode demonstrasi dan analogi, (3) mengetahui persepsi dan respon siswa mengenai pembelajaran de·1gan metode demonstrasi dan analogi. Manfaat penelitian ini diharapkan : ( 1) dengan diketahuinya inforrnasi tentang konsepsi awal siswa dapat bermanfaat dan diperlukan bagi para guru fisika dalam mempersiapkan berbagai strategi pembelajaran, (2) bahwa hasil penelitian ini dapat digunakan sebagai bahan perbandingan dalam memilih dan menetapkan strategi altematif yang diharapkan dapat mengubah miskonsepsi fisika siswa sekaligus dapat meningkatkan hasil belajar fisika secara optimal, (3) Bagi siswa penerapan metode demonstrasi dan analogi memberikan pengalaman langsung dalam menanamkan konsep, merangsang secara aktif, kreatif, inovatif, mengembangkan minat dan sikap serta daya ingat yang lebih lama terhadap suatu konsep, (4) Secara teoritis, hasil penelitian ini akan menambah khasanah ilmu pengetahuan di bidang penelitian pendidikan fisika. Desain dalam penelitian ini adalah dengan menggunakan rancangan one group pre-test-post-test design. Subyek penelitian ini adalah sisvva kelas Il B Cawu 1 SL TP Negeri 5 Jember tahun Pelajaran 2000/2001 dengan jumlah siswa 40 orang. Penelitian ini merupakan penelitian tindakan kelas yang dilaksanakan dalam dua siklus. Data penelitian dikumpulkan dengan menggunakan tes penguasaan konsep untuk rr~ engetah ui konsepsi siswa dan hasil belajar siswa serta angket yang digunakan untuk mengetahui persepsi dan respon siswa tentang pembelajaran dengan metode demonstrasi dan analogi. Data konsepsi siswa, hasil belajar siswa dan respon siswa dianalisis secara deskriptif. Hasil penelitian menunjukkan pada siklus I terungkap 18 tipe miskonsepsi, 77,78 % mengalami penurunan proporsi siswa yang mengalami miskonsepsi. Pada siktus 11, dari J 1 tipe miskonsepsi yang terungkap, 72,72 % mengalami penurunan proporsi siswa yang mengalami miskonsepsi. Hasil belajar siswa pada siklus I meningkat 55,8 % (dari nilai rata-rata awal 50,85 menjadi 79,2 pada post-test) dan ketuntasan belaja: klasikal yang dicapai adalah 85 %. Pada siklus II Hasil belajar siswa meningkat 84,2 % (dari nilai rata-rata awal 42,35 menjadi 78 pada post-test) dan ketuntasan belajar klasikal yang dicapai adalah 87,5 %. Hasil belajar siswa setelah tindakan berkategori baik yaitu nilai rata-rata pada siklus I 79,2 dan pada siklus II 78. Hasil analisis tanggapan siswa terhadap metode demonstrasi dan analogi, sebagian besar siswa ( 82 %) menyatakan respon dan persepsinya secara positif.
    URI
    http://repository.unej.ac.id/handle/123456789/61262
    Collections
    • UT-Faculty of Law [6314]

    UPA-TIK Copyright © 2024  Library University of Jember
    Contact Us | Send Feedback

    Indonesia DSpace Group :

    University of Jember Repository
    IPB University Scientific Repository
    UIN Syarif Hidayatullah Institutional Repository
     

     

    Browse

    All of RepositoryCommunities & CollectionsBy Issue DateAuthorsTitlesSubjectsThis CollectionBy Issue DateAuthorsTitlesSubjects

    My Account

    LoginRegister

    Context

    Edit this item

    UPA-TIK Copyright © 2024  Library University of Jember
    Contact Us | Send Feedback

    Indonesia DSpace Group :

    University of Jember Repository
    IPB University Scientific Repository
    UIN Syarif Hidayatullah Institutional Repository