DIAGNOSIS KESULITAN BELAJAR SISWA DALAM MENYELESAIKAN SOAl-SOAl FISIKA POKOK BAHASAN LISTRIK STATIS PADA SISWA KELAS IIC CAWU Ill SLTP NEGERI & JEMBER TAHUN PELAJARAN 1999/2000
Abstract
Pengalaman yang nyata dalam pengajaran fisika di kelas membuktikan
bahwa nilai hasil belajar fisika relatif lebih rendah dibanding mala pelajaran lain
menunjukkan bahwa siswa masih banyak mengalami kesulitan, sehingga
berakibat banyaknya kesalahan dalam mengerjakan sual-soal fisika. Kesulitan
siswa dalam belajar fisika terletak pada kesalahan umum yang mereka lakukan
dalarn rnenyelesaikan soal fisika. Untuk mengetahui siapa siswa yang mengalami
kesulitan belajar, letak kesulitan blajar, jenis kesulitan belajar, presentase
kesulitan belajar, dan faktor penyebab kesulitan belajar rnaka perlu dtlakukan
diagnosis. Penentuan daerah penelitian ditentukan dengan cara ditetapkan. Data
didapatkan dari dokumentasi, wawancara, dan observasi . Pengambilan data
diambil dengan subyek penelitian k.clas 11-C SLTP Negeri 6 Jember yang
berjumlah 40 siswa. Hasil analisis data rnenunjukkan bahwa siswa mengalami
kesulitan dalam menyelesaikan soal lisika sebagai berikut : kesulitan dalam
pemahaman soal 18,29%, kesulitan dalam penggunaan konsep 50,63%, kesulitan
dalarn keterampilan rnaternatika 20,42%, dan kesulitan dalam memeriksa kembali
10,63%. Penyebab kesulitan dalarn menye\esaikan soal fi sika meliputi : penyebab
dari siswa adalah (a) perhatian dan minal siswa, (b) motivasi dalam diri siswa,
dan (c) kesiapan siswa untuk belajar, penyebab dari guru (sekolah) adalah (a)
kurangnya memberikan latihan pemecahan masalah, (b) kurangnya perhatian guru
terhadap motivasi belajar siswa, dan (c) sumber belajar yang dimiliki siswa,
penycbab dari orang tua (keluarga) adalah (a) Perhatian orang tua terhadap
pendidikan anak, dan (b) keadaan ekonomi keluarga
Collections
- UT-Faculty of Law [6243]