PENGGUNAAN MODEL PEMBELAJARAN KOPERATIF PADA MATA PELAJARAN FISIKA KONSEP CAHAYA ( Studi Hasil Belajar Siswa Kel.as DB Cawu 2 di SLTP Negeri 5 Jember Tahun Pelajaran 1999/2000)
Abstract
Penyarnpaian materi dengan baik dan tepat sangat penting bagi guru untuk
memudahan siswa memahami materi yang sedang dipelajari. Penyampaian atau
penggunaan model pembelajaran yang kurang tepat mengakibatkan siswa pasif dalam
proses belajar mengajar. Untuk itu dikenalkan model pembelajaran kooperauf sebagai
salah satu model pembelaJaran yang dapat menciptakan dekatan siswa terhadap
materi yang dipelajari. Permasalahan yang akan dibahas adalah 1) seberapa besar
peningkatan hasil belajar siswa dalam pembelajaran dengan menggunakan model
pembelajaran kooperatlf'?, 2) seberapa besar efektititas penggunaan model
pembelajaran kooperatif pada mata pelajaran fisika konsep cahaya?, 3) bagaimanakah
aktivitas siswa dalam pernbelajaran dengan menggunakan model pembelajarn
kooperatif. Responden penelitian adalah siswa kelas II B cawu 2 di SL TP Negeri 5
Jember tahun peljaran 1999/2000. Metode pengumpulan data dengan metode tes,
observasi dan dokumentasi . Dari hasil analisis data menunjukkan bahwa efektifitas
model pembelajaran kooperatif sebesar 32 %. Aktititas siwa meningkat dari 66,7 %
mt:n_1ad1 86, I 0 ·o. Jad1 dapat dlSlmpulkan bahwa model pembelajaran kooperat1f cukup
efcktll. dtgunakan dalam pcmbelajaran iisika konsep cahaya pada siswa kclas II B
cawu 2 dt SLTP Negeri 5 Jember tahun pelajaran 1999/2000 dan aktifitas siswa
mcncapai kategon sangat baik.
Dengan demikian model pembelajaran kooperatif dapat digunakan sebagai
salah satu variasi model pembelajaran yang dapat digunakan guru dalam
pembelajaran fisika khususnya pada konsep cahaya
Collections
- UT-Faculty of Law [6214]