HUBUNGAN BERFIKIR KOGNITIF DAN SIKAP ILMIAII TERBADAP BASIL BELAJAR FISIKA SMU ( Studt Dtskrlpttf Pada Slswa Kelu I Cawu 1 Materl Klilematlka Gerak Laras dl SMU Negerl Rambipuji Jember Tahun Ajaran 200012001)
Abstract
Pada dasamya mutu pendidikan fisika sangat dipengaruhi oleh beberapa faktor
antara lain faktor siswa, faktor guru mata pelajaran, dan metode pengajaran.
Ditinjau dari siswa kebanyakan siswa hanya menghafalkan rumus-rumus yang di
berikan guru tanpa adanya pemahaman. Dengan memperhatikan cara berfikir
kognitif dan sikap ilmiah, maka dibarapkan bas il bel ajar yang dicapai akan baik.
Petmasalahan dalam penelitian ini yaitu: 1. Adakah hubungan yang signifikan antara
berfikir kognitif dengan basil belajar siswa kelas I Cawu 1 materi Kinematika
Gerak Lurus di SMUN I Rambipuji Jember: 2. Adakah hubungan yang signiftkan
antara sikap ilmiah dengan basil belajar siswa kelas I Cawu 1 materi Kinematika
Gerak Lurus di SMUN I Rambipuji Jember; 3. Adakah bubungan yang signifikan
antara berfikir kognitif dan sikap ilmiah dengan basil belajar siswa kelas I Cawu 1
materi Kinematika Gerak Lutus di SMUN I Rambipuji Jember. Sesuai dengan
perrnasalahan yang ada, maka tujuan yang ingin dicapai dalam penelitian ini adalah:
1. untuk mengetalmi apakal1 ada hubwtgan yang signifikan antara berfikir kognitif
dengan hasil belajar siswa kelas I Cawu 1 materi Kinematika Gerak Lums di
SMUN I Rambipuji Jember; 2. untuk mengetalmi apakah ada hubw1gan yang
signifikan antara sikap ilmiah dengan hasil belajar siswa kelas I Cawu 1 materi
Kinematika Gerak Lurus di SMUN I Rambipuji Jember; 3. untuk mengetahui apakah
ada hubungan yang signifikan antara berfikir kognitif dan sikap ilmiah dengan basil
belajar siswa kelas I Cawu 1 materi Kinematika Gerak Lurus di SMUN I Rambipuji
Jember. Sampel yang diambil dengan metode cluster random sampling dengan
teknik Wldian. Penelitian ini dilaksanakan di Sl\fUN I Rambipuji Jember tahun
ajaran 2000/2001. Data diperoleh dengan menggunakan angket, test, observasi,
interview dan dokwnentasi. Data yang diperoleh dari angket meliputi data berfikir
kognitif dan sikap ilmiah menggunakan analisis korelasi product moment.
Sedangkan data bubungan antara berfikir kognitif dan sikap ilmiah terhadap basil
belajar menggtmakan analisis korelasi berganda berdasarkan hasil analisis data
diperoleh harga r1y hitung > ''tY tabel (0.74 > 0,176), harga r2y hitung > r2y tabel
(0,61 > 0,176), Rr12 hitung > Rr12 tabel (0,79 > 0,176). Dengan demikian, maka
bipotesis nihil ditolak dan hipotesis ketja diterima Kesimpulan yang diperoleh dari
Penelitian ini adalah: ada hubungan signifikan antara bertlkir kognitif dengan basil
bel ajar siswa kelas I Cawu 1 maleri Kinemalika Gerak Lurus di SlVIUN I Rambipuji
Jember,ada bubungan yang sigifikan antara sikap ilmiah dengan basil belajar siswa
kelas T Cawu 1 materi Kinematika Gerak Lums di SMUN I Rambipuji Jember ada
hubungan yang signifikan antara berfikir kognitif dan sikap ilmiah dengan basil
belajar siswa kelas I Cawu 1 materi Kinematika Gcrak Lut11s di SMUN I Rambipuji
Jember.
Collections
- UT-Faculty of Law [6243]