PEMBELAJARAN FISIKA KONSEP SISTEM SATUAN DALAM APLIKASI BIDANG KETEKNIKAN, ( Suatu Penelitlan Tindakan Kelas Pada Slswa Kelas I Cawu I Program Studi Teknik Bangunan SMK Negerl 2 Jember Tahun Pelajaran 1998/1999)
Abstract
Banyak faktor yang mempengaruhi prestasi siswa dalam mengembangkan
praktik bidang keteknikan salah satu diantaranya adalah faktor kemampuan
merespon konsep Fisika dalam hal ini konsep sistem saman. Dengan konsepsi
yang benar memungkinkan siswa secara mudah mengaplikasikan bidang
keteknikan
Kenyntaan disekolah menunjulkan adanya bukti bahwa pemahaman siswa
secara teoritis belum dapat memberikan jamiman dalam mengaplikasikan pada
bidang keteknikan masalah yang muncul bagaimana profil konsepsi awal dan
akhirr siswa kelas I Cawu I Program Studi Teknik Bangunan SMK Negeri 2
Jember. ( sebelum dan sesudah diberi tindakan ) pembelajaran konsep sistim
satuan dalam aplikasi bidang keteknikan.
Penelitian ini merupakan penelitian tindakan kelas yang dilakukan pada 36
siswa kelas I Cawu I Program Studi Teknik Bangunan SMK Negeri 2 Jember
Tahun Pelajaran 1998/1999. Peneiitian ini pada dasarnya untuk menjawab
permasalahan tentang konsepsi awal dan akhir siswa sebelum dan sesudah
dilakukan pembelajran aplikasi konsep dalam bidang keteknikan.Berdasarkan
uraian latar belakaug dan rumusan masalah. penelitian ini bertujuan untuk
mengkaji konsepsi . aktifitas dan ketertarikan siswa terhadap pembelajaran konsep
sistem satuan dalam aplikasi bidang keteknikan . Konsep siswa dilakukan dengan mode pre tes dan post test yang selanjutnya dinnalisa. Untuk memperoleh
data aktvitas siswa dilakukan catatan lapangan dnn observasi ketertarikan terhadap
pembelajaran konsep sistem sntuan dalam aplikasi bidang keteknikan
dilaksanakan wawancara pada sebagiau dan memberi angket kepada semua siswa kelas 1 cawu I Program Studi Teknik Bangunan, yang kemudian dipresentase dengan menggunakan rumus T=n/N x 100 %
Collections
- UT-Faculty of Law [6214]