dc.contributor.author | Fitriyah | |
dc.date.accessioned | 2015-02-04T01:57:07Z | |
dc.date.available | 2015-02-04T01:57:07Z | |
dc.date.issued | 2015-02-04 | |
dc.identifier.uri | http://repository.unej.ac.id/handle/123456789/61244 | |
dc.description.abstract | Banyak faktor yang dapet mempengaruhi hasil belajar fisika siswa l salah
satunya adalah faktor ekstern yang dalam hal ini dapat berupa proses penyajian
materi yang diberikan oleh guru. Kreativitas seorang guru dalam menciptakan suasana
pembelajaran yang rnelibatkan keaktifan fisik dan mental siswa akan membantu
peningkatan hasil belejar siswa.
Permasalahan yang diajukan dalam penelitian ini adelah: (1) adakah
perbedaan hasil belajar siswal antara yang dlajar menggunakan metode demonstrasi
disertai kartu konsep dengan hasil belajar yang diajar menggunakan metode
demonstrasi tanpa kartu konsep, (2) hasil belajar manakah yang lebih baik. antara
yang diajar menggunakan metode demonstrasi disertai kartu konsep dengan yang
dlajar menggunakan metode demonstrasi tanpa kartu konsep.
Penelilian ini bertujuan: (1) untuk mengetahui ada tidaknya perbedaan hasil
belajar antara yang diajar menggunakan metode demonstrasi disertai kartu konsep
dengan yang diajar menggunakan metode demonstrasi tanpa kartu konsep , (2) untuk
mengkaji hasil belajer mana yang lebih baik antara yang diajar menggunakan metode
demonstrasi disertai kartu konsep dengar. yang diajar menggunakan metode
demonstrasi tanpa kartu konsep pada siswa kelas I Cawu 2 pokok behasan impuls,
momentum dan tumbukan I di MAN 2 Jember tahun pelajaran 1999/2000.
Metode pangumpulan data meliputi; metode observasi I dokumentasil dan tes .
Penarikan sampel dilakukan dengan cara Cluster Random Sampling. Kelas yang
dijadikan sampel dalam penelitian ini adalah kelas 1-4 sebagai kelas eksperimen dan
kelas 1-3 sebagai kelas kontrol berdasarkan tekhnik undian. Uji statislik yang
digunakan dalam penelitlan ini adalah ujl tes untuk mengetahui perbedaan hasil
belajar fisika siswa antara yang diajar menggunakan metode demonstrasi disertai
kartu konsep dengan yang diajar menggunakan metode demonstrasi tanpa kartu
konsep, dan hasil be!ajar mana yang lebih baik.
Hasil analisis data dan pengujian hipotesls dengan uji tes diperoleh harga
sebesar 3,288 sedangkan pada taraf signifikan 5% dengan db= 78 ttabel diperoleh
harga sebesar 1.944 . Oleh karena tuntung > ttabel maka hipotesis kerja diterima
sebalilmya hipotesis nihil ditolak. Sehingga dapat disimpulkan bahwa terdapat
perbedaan hasil belajar antara siswa kelas eksperimen dengan kelas kontrol. dan
hasil belajar dengan menggunakan metode oemonslrasi disertai kartu konsep lebih
baik dari hasil belajar dengan menggunakan metode demonstrasi tanpa kartu konsep | en_US |
dc.description.sponsorship | Universitas Jember | en_US |
dc.subject | HASIL BELAJAR DENGAN MENGGUNAKAN METODE DEMONSTRASI DISERTAI KARTU KONSEP DAN MENGGUNAKAN METODE DEMONSTRASI TANPA KARTU KONSEP | en_US |
dc.title | HASIL BELAJAR DENGAN MENGGUNAKAN METODE DEMONSTRASI DISERTAI KARTU KONSEP DAN MENGGUNAKAN METODE DEMONSTRASI TANPA KARTU KONSEP Studi Komparatlf dalam Pembelajaran Fisika pada Siswa Kelas I Cawu 2 Pokok Bahasan lmpuls, Momentum dan Tumbukan dl MAN 2 jember Tahun Pelajaran 1999/2000 | en_US |
dc.type | Thesis | en_US |