Show simple item record

dc.contributor.authorFitriyah
dc.date.accessioned2015-02-04T01:57:07Z
dc.date.available2015-02-04T01:57:07Z
dc.date.issued2015-02-04
dc.identifier.urihttp://repository.unej.ac.id/handle/123456789/61244
dc.description.abstractBanyak faktor yang dapet mempengaruhi hasil belajar fisika siswa l salah satunya adalah faktor ekstern yang dalam hal ini dapat berupa proses penyajian materi yang diberikan oleh guru. Kreativitas seorang guru dalam menciptakan suasana pembelajaran yang rnelibatkan keaktifan fisik dan mental siswa akan membantu peningkatan hasil belejar siswa. Permasalahan yang diajukan dalam penelitian ini adelah: (1) adakah perbedaan hasil belajar siswal antara yang dlajar menggunakan metode demonstrasi disertai kartu konsep dengan hasil belajar yang diajar menggunakan metode demonstrasi tanpa kartu konsep, (2) hasil belajar manakah yang lebih baik. antara yang diajar menggunakan metode demonstrasi disertai kartu konsep dengan yang dlajar menggunakan metode demonstrasi tanpa kartu konsep. Penelilian ini bertujuan: (1) untuk mengetahui ada tidaknya perbedaan hasil belajar antara yang diajar menggunakan metode demonstrasi disertai kartu konsep dengan yang diajar menggunakan metode demonstrasi tanpa kartu konsep , (2) untuk mengkaji hasil belajer mana yang lebih baik antara yang diajar menggunakan metode demonstrasi disertai kartu konsep dengar. yang diajar menggunakan metode demonstrasi tanpa kartu konsep pada siswa kelas I Cawu 2 pokok behasan impuls, momentum dan tumbukan I di MAN 2 Jember tahun pelajaran 1999/2000. Metode pangumpulan data meliputi; metode observasi I dokumentasil dan tes . Penarikan sampel dilakukan dengan cara Cluster Random Sampling. Kelas yang dijadikan sampel dalam penelitian ini adalah kelas 1-4 sebagai kelas eksperimen dan kelas 1-3 sebagai kelas kontrol berdasarkan tekhnik undian. Uji statislik yang digunakan dalam penelitlan ini adalah ujl tes untuk mengetahui perbedaan hasil belajar fisika siswa antara yang diajar menggunakan metode demonstrasi disertai kartu konsep dengan yang diajar menggunakan metode demonstrasi tanpa kartu konsep, dan hasil be!ajar mana yang lebih baik. Hasil analisis data dan pengujian hipotesls dengan uji tes diperoleh harga sebesar 3,288 sedangkan pada taraf signifikan 5% dengan db= 78 ttabel diperoleh harga sebesar 1.944 . Oleh karena tuntung > ttabel maka hipotesis kerja diterima sebalilmya hipotesis nihil ditolak. Sehingga dapat disimpulkan bahwa terdapat perbedaan hasil belajar antara siswa kelas eksperimen dengan kelas kontrol. dan hasil belajar dengan menggunakan metode oemonslrasi disertai kartu konsep lebih baik dari hasil belajar dengan menggunakan metode demonstrasi tanpa kartu konsepen_US
dc.description.sponsorshipUniversitas Jemberen_US
dc.subjectHASIL BELAJAR DENGAN MENGGUNAKAN METODE DEMONSTRASI DISERTAI KARTU KONSEP DAN MENGGUNAKAN METODE DEMONSTRASI TANPA KARTU KONSEPen_US
dc.titleHASIL BELAJAR DENGAN MENGGUNAKAN METODE DEMONSTRASI DISERTAI KARTU KONSEP DAN MENGGUNAKAN METODE DEMONSTRASI TANPA KARTU KONSEP Studi Komparatlf dalam Pembelajaran Fisika pada Siswa Kelas I Cawu 2 Pokok Bahasan lmpuls, Momentum dan Tumbukan dl MAN 2 jember Tahun Pelajaran 1999/2000en_US
dc.typeThesisen_US


Files in this item

Thumbnail

This item appears in the following Collection(s)

Show simple item record