PEMBERIAN TUGAS MERESUME DALAM PEMBELAJARAN FISIKA (Studi Hasil Belajar Pokok Bahasan Dinamika Gerak Lurus Kelas I Cawu I di SM U Negeri 2 Bondowoso Tahun Ajaran 2000/2001)
Abstract
Dalam pembelajaran IPA khususnya fisika, siswa tidak cukup hanya
mendengar dan mencatat apa yang diinformasikan guru, tetapi siswa harus
mampu menetjemahkan suatu konsep fisika dan persoalan-persoalan fisika
kemudian dipecahkan dengan menerapkan rumus yang sesuai dengan persoalan.
Pembelajaran fisika seringkali menimbulkan pemahaman siswa terutama SMU
cenderung kearah pemikiran yang abstrak, sehingga terkesan fisika adalah
pelajaran yang su1it dan membosankan, untuk itu didalam pelajaran fisika
sebaiknya tidak hanya menggunakan metode ceramab. tetapi dengan metodemetode
yang menggugah siswa agar berperan aktif. Dalam hat ini diperlukan
usaha guru untuk meningkatkan kualitas PBM dan adanya kesiapan siswa dalam
menerima pelajaran, dengan cara membi.na dan mengembangkan kemampuan dan
kreatifitas yang dimiliki siswa. Dimana salah satu cara untuk mengembangkan
kemampuan dan kreatifitas tersebut dengan menggunakan metode tugas
meresume. Permasalahan dalam penelitian ini adalah seberapa besar peningkatan
hasil belajar siswa dengan pemberian tugas meresume dalam pembelajaran fisika.
Sedangkan hipotesis dalam penc\itian ini adalah adanya peningkatan hasil bclajar
siswa dengan pemherian tugas meresume dalam pembelajaran fisika. Penetitian
ini dilaksanakan di SMUN 2 Bondowoso kelas r cawu 1 tahun ajaran 2000/2001.
Usaba untuk menentukan jawaban permasalahan diawah deng<m -penentuan
responden penelitian,mengadakan pre-tes sebelurn PBM,memberikan tugas
meresume, mempresentasikan hasil resume olch siswa, mengadakan tanya jawab,
menetapkan kesimputan , mengadakan post-tes dan menganalisa data denga
mneggunakan uji t-tes dan mencari efektifitasnya. Adapun hasil analisa data
menunjukkan bahwa pembelajaran fisika dengan menggunakan metode
pemberian tugas meresume mampu meningkatkan hasil belajar fisika dan
memilikj nilai efektivitas yang cukup efektif sehingga dapat diterapkan dalam
pembelajaran fisika. Penulis mengharapkan sebaiknya perlu diadakan penelitian
lebih lanjut untuk penggabungan metode pemberian tugas meresume dengan
metode pembelajaran lain.
Collections
- UT-Faculty of Law [6243]