• Login
    View Item 
    •   Home
    • UNDERGRADUATE THESES (Koleksi Skripsi Sarjana)
    • UT-Faculty of Law
    • View Item
    •   Home
    • UNDERGRADUATE THESES (Koleksi Skripsi Sarjana)
    • UT-Faculty of Law
    • View Item
    JavaScript is disabled for your browser. Some features of this site may not work without it.

    PEMBERIAN TUGAS MERESUME DALAM PEMBELAJARAN FISIKA (Studi Hasil Belajar Pokok Bahasan Dinamika Gerak Lurus Kelas I Cawu I di SM U Negeri 2 Bondowoso Tahun Ajaran 2000/2001)

    Thumbnail
    View/Open
    Fitri Astuti_irh.pdf (1.236Mb)
    Date
    2015-02-04
    Author
    Fitri Astuti
    Metadata
    Show full item record
    Abstract
    Dalam pembelajaran IPA khususnya fisika, siswa tidak cukup hanya mendengar dan mencatat apa yang diinformasikan guru, tetapi siswa harus mampu menetjemahkan suatu konsep fisika dan persoalan-persoalan fisika kemudian dipecahkan dengan menerapkan rumus yang sesuai dengan persoalan. Pembelajaran fisika seringkali menimbulkan pemahaman siswa terutama SMU cenderung kearah pemikiran yang abstrak, sehingga terkesan fisika adalah pelajaran yang su1it dan membosankan, untuk itu didalam pelajaran fisika sebaiknya tidak hanya menggunakan metode ceramab. tetapi dengan metodemetode yang menggugah siswa agar berperan aktif. Dalam hat ini diperlukan usaha guru untuk meningkatkan kualitas PBM dan adanya kesiapan siswa dalam menerima pelajaran, dengan cara membi.na dan mengembangkan kemampuan dan kreatifitas yang dimiliki siswa. Dimana salah satu cara untuk mengembangkan kemampuan dan kreatifitas tersebut dengan menggunakan metode tugas meresume. Permasalahan dalam penelitian ini adalah seberapa besar peningkatan hasil belajar siswa dengan pemberian tugas meresume dalam pembelajaran fisika. Sedangkan hipotesis dalam penc\itian ini adalah adanya peningkatan hasil bclajar siswa dengan pemherian tugas meresume dalam pembelajaran fisika. Penetitian ini dilaksanakan di SMUN 2 Bondowoso kelas r cawu 1 tahun ajaran 2000/2001. Usaba untuk menentukan jawaban permasalahan diawah deng<m -penentuan responden penelitian,mengadakan pre-tes sebelurn PBM,memberikan tugas meresume, mempresentasikan hasil resume olch siswa, mengadakan tanya jawab, menetapkan kesimputan , mengadakan post-tes dan menganalisa data denga mneggunakan uji t-tes dan mencari efektifitasnya. Adapun hasil analisa data menunjukkan bahwa pembelajaran fisika dengan menggunakan metode pemberian tugas meresume mampu meningkatkan hasil belajar fisika dan memilikj nilai efektivitas yang cukup efektif sehingga dapat diterapkan dalam pembelajaran fisika. Penulis mengharapkan sebaiknya perlu diadakan penelitian lebih lanjut untuk penggabungan metode pemberian tugas meresume dengan metode pembelajaran lain.
    URI
    http://repository.unej.ac.id/handle/123456789/61243
    Collections
    • UT-Faculty of Law [6287]

    UPA-TIK Copyright © 2024  Library University of Jember
    Contact Us | Send Feedback

    Indonesia DSpace Group :

    University of Jember Repository
    IPB University Scientific Repository
    UIN Syarif Hidayatullah Institutional Repository
     

     

    Browse

    All of RepositoryCommunities & CollectionsBy Issue DateAuthorsTitlesSubjectsThis CollectionBy Issue DateAuthorsTitlesSubjects

    My Account

    LoginRegister

    Context

    Edit this item

    UPA-TIK Copyright © 2024  Library University of Jember
    Contact Us | Send Feedback

    Indonesia DSpace Group :

    University of Jember Repository
    IPB University Scientific Repository
    UIN Syarif Hidayatullah Institutional Repository