• Login
    View Item 
    •   Home
    • UNDERGRADUATE THESES (Koleksi Skripsi Sarjana)
    • UT-Faculty of Law
    • View Item
    •   Home
    • UNDERGRADUATE THESES (Koleksi Skripsi Sarjana)
    • UT-Faculty of Law
    • View Item
    JavaScript is disabled for your browser. Some features of this site may not work without it.

    PENGGUNAAN MEDIA GRAFIK DALAM PEMBELAJARAN FISIKA PADA POKOK BAHASAN KINEMATIKA GERAK LUAUS 01 SMUN 1 ARJASA KELAS I CAWU 1 TAHUN AJARAN 2000/2001

    Thumbnail
    View/Open
    Erna Yuniawati_irh.pdf (1.261Mb)
    Date
    2015-02-04
    Author
    Erna Yuniawati
    Metadata
    Show full item record
    Abstract
    Bertolak dari sering teljadinya kegagalan dn.lam pembelajaran yang dikarenakan tidak adanya kesamaan keinginan guru dengan keadaan dan minat siswa serta metode atau media yang digunakan dalam penyampaian materi pembelajaran. Sebagai akibatnya perolehan hasil ulangan yang kurang maksimal dan siswa terkesan pasif dalam kelas.Telah mengadakan penelitian di SMUN 1 Arjasa dengan permasalahan sejauh mana peningkatan hasil belajar si swa SMUN 1 Arjasa pada pembelajaran fisika pokok bahasan kinematika gerak lurus dengan media grafik serta bagaimana efektifitas media grafik dalam meningkatkan hasil belajar SMUN 1 Arjasa pada pembelajaran fisika pokok bahasan kinematika gerak lurus. Maka penelitian ini memberikan altematif pemecahan dengan menggunakan media grafik dalam pembelaJaran fisika pada pokok bahasan kinematika gerak lurus. Sebagai responden penelitian digunakan kelas 14 dengan jumlah siswa 41 orang. Dalam penelitian ini menggunakan metode demonstrasi dan media grafik sebagai media belajamya, sedangkan data penelitian ini diperoleh dengan menggunakan metode observasi, dokumentasi, interviu dan tes yang dilaksanakan pada satu kelas yang bertujuan untuk mengetahui seberapa besar penggunaan dafl efektifitas media grafik dalarn meningkatkan hasil belajar siswa pada pokok bahasan kinematika gerak lurus. Analisa data dalam penelitian ini digunakan rumus statistik diskriptif. Dengan hasil adanya peningkatan dari pretes dan postes yang dilakukan. Dari analisa data dapat disimpulkan bahwa media grafik dapat digunakan untuk meningkatkam hasil belajar siswa pada pokok bahasan kinematika gerak lurus sebesar 17,25 % dan 19,26 % dengan efektifttasnya sebesar 29,79% dan 33,2 %.
    URI
    http://repository.unej.ac.id/handle/123456789/61242
    Collections
    • UT-Faculty of Law [6287]

    UPA-TIK Copyright © 2024  Library University of Jember
    Contact Us | Send Feedback

    Indonesia DSpace Group :

    University of Jember Repository
    IPB University Scientific Repository
    UIN Syarif Hidayatullah Institutional Repository
     

     

    Browse

    All of RepositoryCommunities & CollectionsBy Issue DateAuthorsTitlesSubjectsThis CollectionBy Issue DateAuthorsTitlesSubjects

    My Account

    LoginRegister

    Context

    Edit this item

    UPA-TIK Copyright © 2024  Library University of Jember
    Contact Us | Send Feedback

    Indonesia DSpace Group :

    University of Jember Repository
    IPB University Scientific Repository
    UIN Syarif Hidayatullah Institutional Repository