PENGGUNAAN MEDIA GRAFIK DALAM PEMBELAJARAN FISIKA PADA POKOK BAHASAN KINEMATIKA GERAK LUAUS 01 SMUN 1 ARJASA KELAS I CAWU 1 TAHUN AJARAN 2000/2001
Abstract
Bertolak dari sering teljadinya kegagalan dn.lam pembelajaran yang
dikarenakan tidak adanya kesamaan keinginan guru dengan keadaan dan minat
siswa serta metode atau media yang digunakan dalam penyampaian materi
pembelajaran. Sebagai akibatnya perolehan hasil ulangan yang kurang maksimal
dan siswa terkesan pasif dalam kelas.Telah mengadakan penelitian di SMUN 1
Arjasa dengan permasalahan sejauh mana peningkatan hasil belajar si swa SMUN
1 Arjasa pada pembelajaran fisika pokok bahasan kinematika gerak lurus dengan
media grafik serta bagaimana efektifitas media grafik dalam meningkatkan hasil
belajar SMUN 1 Arjasa pada pembelajaran fisika pokok bahasan kinematika
gerak lurus. Maka penelitian ini memberikan altematif pemecahan dengan
menggunakan media grafik dalam pembelaJaran fisika pada pokok bahasan
kinematika gerak lurus. Sebagai responden penelitian digunakan kelas 14 dengan
jumlah siswa 41 orang. Dalam penelitian ini menggunakan metode demonstrasi
dan media grafik sebagai media belajamya, sedangkan data penelitian ini
diperoleh dengan menggunakan metode observasi, dokumentasi, interviu dan tes
yang dilaksanakan pada satu kelas yang bertujuan untuk mengetahui seberapa
besar penggunaan dafl efektifitas media grafik dalarn meningkatkan hasil belajar
siswa pada pokok bahasan kinematika gerak lurus. Analisa data dalam penelitian
ini digunakan rumus statistik diskriptif. Dengan hasil adanya peningkatan dari
pretes dan postes yang dilakukan. Dari analisa data dapat disimpulkan bahwa
media grafik dapat digunakan untuk meningkatkam hasil belajar siswa pada
pokok bahasan kinematika gerak lurus sebesar 17,25 % dan 19,26 % dengan
efektifttasnya sebesar 29,79% dan 33,2 %.
Collections
- UT-Faculty of Law [6243]