PENGGUNAAN ALAT·ALAT SEDERHANA YANG DmUAT DARI BAHAN LINGKUNGAN SEKITAR UNTUK PEMBELAJAKAN FISIKA (Studi Kuasi Eksperimen Konsep Dinamika Gerak Lurus Pada Siswa kelas 1 - 4 MAN 2 Jember Tahun Ajaran 1998/1999 )
Abstract
Peninakatkan kualitas sumber daya manusia melalui pendidikan.
guru dituntut untuk melakukan inovasi dalam
pembelajaran. Diantaranya adalah dengan menggunakan alat alat
sederhana yang dibuat dari bahan lingkunaan sekitar
sebagai media pembelajaran fisika untuk meningkatkan
hasil belajar serta motivasi belajar siswa. Permasalahan
dalam penelitian ini adalah adakah perbedaan hasil belajar fisika siswa sebelum dan sesudah pembelajaran dengan
menggunakan alat-alat sederhana yang dibuat dari bahan
lingkungan sekitar dan sejauhmana efektifitas penggunaan
alat-alat sederhana yang dibuat dari bahan lingkungan
sekitar dalam pembelajaran fisika konsep dinamika gerak
lurus. Tujuan dari penelitian ini adalah ingin mengkaji
seberapa besar perbedaan hasil belajar siswa sebelum dan
sesudah pembelajaran dengan menggunakan media tersebut
dari sejauhmana keefektififannya dalarn pembelajaran
fisika. Hasil penelitian rnenunjukkan bahwaa penggunaan
media tersebut dapat meningkatkan prestasi belajar siswa.
Hal ini dapat dilihat perbedaan skor tes sebelum dan
sesudah pembelajaran yang dicapai siswa. Disamping itu.
dapat di tunjukkanl bahwa penggunaan media tersebut cukup
efektif untuk pembelajaran fisika di MAN 2 Jember. Hal
ini didukung pula dengan adanya respon yang baik dari
siswa, yana dapat dilihat melalui observasi langsung
ataupun hasil angket yang telah disebar. Namun demikian
masih ditemukan siswa yana belum terkondisi belajar
dengan menggunakan peralatan laboratorium meskipun sederhana
Collections
- UT-Faculty of Law [6257]