• Login
    View Item 
    •   Home
    • UNDERGRADUATE THESES (Koleksi Skripsi Sarjana)
    • UT-Faculty of Teacher Training and Education
    • View Item
    •   Home
    • UNDERGRADUATE THESES (Koleksi Skripsi Sarjana)
    • UT-Faculty of Teacher Training and Education
    • View Item
    JavaScript is disabled for your browser. Some features of this site may not work without it.

    MENINGKATKAN AKTIVITAS DAN HASIL BELAJAR SISWA MELALUI PEMBELAJARAN TALKING STICK BERBASIS TEORI BELAJAR BRUNER PADA POKOK BAHASAN PENJUMLAHAN DAN PENGURANGAN SISWA KELAS I SDN TEGALREJO 01 JEMBER

    Thumbnail
    View/Open
    Ita Undziratul Laila_001.pdf (990.9Kb)
    Date
    2013-12-08
    Author
    Ita Undziratul Laila
    Metadata
    Show full item record
    Abstract
    Hasil observasi awal menunjukkan bahwa siswa kurang memiliki aktivitas dalam pembelajaran pada saat proses pembelajaran berlangsung. Rumusan masalah pada penelitian ini adalah: (1) Bagaimanakah penerapan Pembelajaran Talking Stick berbasis teori belajar Bruner?; (2) Bagaimanakah peningkatan aktivitas belajar siswa?; (3) Bagaimanakah peningkatan prosentase ketuntasan hasil belajar yang dicapai siswa?. Teori Bruner dapat digunakan sebagai salah satu alternatif bagi guru dalam proses pembelajaran karena dalam pembelajaran matematika di Sekolah Dasar pada dasarnya sangatlah abstrak sehingga diperlukan pembelajaran Talking Stick berbasis teori belajar Bruner. Pembelajaran Talking Stick berbasis teori belajar Bruner dipilih karena dalam pembelajaran Talking Stick dapat tercipta keaktifan siswa melalui media permainan tongkat yang diberikan dari satu siswa ke siswa lainnya, yang memegang tongkat itulah yang memperoleh kesempatan untuk menjawab pertanyaan. Teori Bruner menyajikan tiga tahapan dalam pembelajaran untuk siswa, yakni tahap enaktif, tahap ikonik, dan tahap simbolik. Tujuan dari penelitian ini adalah Untuk meningkatkan aktivitas belajar siswa dan prosentase ketuntasan hasil belajar selama pembelajaran Talking Stick berbasis teori belajar Bruner pada pokok bahasan penjumlahan dan pengurangan. Subjek pada penelitian ini adalah seluruh siswa kelas I SDN Tegalrejo 01 tahun pelajaran 2010/2011 dengan jumlah siswa 44 anak yang terdiri dari 18 siswa laki-laki dan 26 siswa perempuan. Jenis penelitian ini adalah penelitian tindakan kelas (PTK) yang dilakukan sebanyak 2 siklus. Dalam pelaksanaan penelitian ini ix menggunakan model Hopkins yaitu model skema yang terdiri dari empat fase yaitu perencanaan, tindakan, observasi dan refleksi. Metode pengumpulan data melalui dokumentasi, wawancara, observasi, dan tes. Analisa data dalam penelitian ini dilakukan untuk mengetahui aktivitas belajar siswa dan hasil belajar siswa berupa ketuntasan belajar baik secara individual maupun klasikal
    URI
    http://repository.unej.ac.id/handle/123456789/6119
    Collections
    • UT-Faculty of Teacher Training and Education [15461]

    UPA-TIK Copyright © 2024  Library University of Jember
    Contact Us | Send Feedback

    Indonesia DSpace Group :

    University of Jember Repository
    IPB University Scientific Repository
    UIN Syarif Hidayatullah Institutional Repository
     

     

    Browse

    All of RepositoryCommunities & CollectionsBy Issue DateAuthorsTitlesSubjectsThis CollectionBy Issue DateAuthorsTitlesSubjects

    My Account

    LoginRegister

    Context

    Edit this item

    UPA-TIK Copyright © 2024  Library University of Jember
    Contact Us | Send Feedback

    Indonesia DSpace Group :

    University of Jember Repository
    IPB University Scientific Repository
    UIN Syarif Hidayatullah Institutional Repository