dc.description.abstract | Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui ada tidaknya hubungan antara
sarana belajar dengan motivasi belajar siswa pada mata pelajaran ekonomi
kelas I cawu 3 SMU Islam lumajang tahun ajaran 1998/1999. Dari dasar
pandangan teori yang mendukung maka dapat digunakan sebagai landasan
untuk merumuskan dalam hipotesis kerja (Ha) yaitu: ·Ada hubungan antara
sarana belajar dengan motivasi belajar siswa pada mata pelajaran ekonomi
kelas I cawu 3 SMU Islam Lumajang tahun ajaran 1998/1999.. Selanjutnya
untuk mencapai tujuan penelitian serta untuk membuktikan kebenaran hipotesis
yang diajukan, langkah yang diambil adalah dengan mengumpulkan data
dengan metode dokumentasi, interviu dan angket yang dilakukan di SMU Islam
Lumajang pada bulan Agustus sampai dengan September 1999 Berdasarkan
analisis data stattstik, terbukti bahwa hasil penelitian signifikan karena
diperoleh harga rxy sebesar 0,302. Hasil tersebut kemudian dikonsultasikan
dengan nilai r product moment dengan rt 1% :::: 0,263 dan atau rt 5% :::: 0,202
dengan N=94, sehtngga hasil dari perbandingan adalah rxy > rt 1% dan a tau rt
5% yang berarti signifikan atau ada hubungan antara sarana belajar dengan
motivasi belajar siswa pada mata pelajaran ekonomi kelas I cawu 3 SMU
tslam lumajang tahun ajaran 1998/1999. Tingkat Hubungan dua variabel
tersebut rendah Selanjutnya dapat dikatakan bahwa sarana belajar
memegang peranan penting dalam meningkatkan motivasi belajar siswa. lni
berarti dalam setiap proses belajar mengajar seorang guru hendaknya selalu
memakai sarana belajar agar siswa lebih termotivasi dalam belajar yang pada
akhirnya akan meningkatkan prestasi belajar mereka | en_US |