PERBEDAAN PRESTASI BELAJAR ANTRA SISWA YANG DIBERI PENGAJARAN REMEDIAL DENGAN SISWA TANPA DIBERI PENGAJARAN REMEDIAL MAlA PELAJARAN AKUNTANSI KELAS I SMU NEGERI ARJASA JEMBER TAHUN PElAJARAN 1995/1998
Abstract
Banyak faktor yang dapat mempengaruhi Prestasi belajar
seseorang. salah satu diantaranya adalah metode pengajaran
yang diberikan oleh guru. Semakin tepat metode pengajaran
yang diterapkan pada waktu pelaksanaan proses belajar
mengajar, akan semakin memuaskan prest'lsi belajar yang
dicapai oleh siswa.
Dalam PBM sering dijumpai timbulnya berbagai permasalahan.
salah satu diantaranya adalah kesulitan belajar
yang dialami oleh siswaa. terutama da.lam belajar Akuntanai
yang menggunakan pengajaran biasa. Kesulitan belajar
akuntansi tersebut dapat diatasi dengan jalan menggunakan
pengajaran remedial di dalam PBM nya. Permasalahan yang
muncul adalah "Adakah perbedaan prestasi belajar antara
siswa yang diberi pengajaran remedial dengan siswa tanpa
diberi pengajaran remedial mata pelajaran Akuntanei SMU
Negeri Arjasa Jember tahun pelaJaran 1995/ 1996, dan Jika
ada manakah yang lebih baik.
Tujuan penelitian ini ingin mengetahui adanya
perbedaan antara siswa yang dlberi pengajaran remedial
dengan siswa tanpa diberi pengajaran remedial mata pelajaran
akuntansi SMU Arjasa Jember tahun pelajaran 1995/1996
perlu dilakukan untuk menemukan jawaban pemasalahan yang
muncul.Kegiatan penelitian ini diharapkan dapat bermanfaat
bag i SMUN Arjasa Jember kususnya guru mata pelajaran
akuntanai untuk menentukan strategi pengajaran dalam
usahanya meningkatkan prestasi belajar siswa .
Penelitian ini dilakukan sejak tanggal 1 April 1996
sampai dengan 1 Mei 1996. Usaha untuk menemukan jawaban
masalah ini diawali dengan mengkaji teori kemudian dirumuskan
dalam hipotesis bahwa ada perbedaan prestasi belajar
Antara siswa yang diberi pengajaran remedial dengan
siswa tanpa diberi pengajaran remedial mata pelajaran
Akuntansi SMUN Arjasa Jember tahun pelajaran 1995/1996 .
Data diambil dari 106 siswa kelas 1 SMUlN Arjasa Jember
yang mengalami kesulitan belajar sebagai responden,
Collections
- UT-Faculty of Law [6243]