dc.description.abstract | Latar belakang penelitian ini yaitu banyaknya siswa yang merasa bosan
belajar matematika, karena metode mengajar yang digm1akan tidak bervariasi dan
semata - mata hanya komunikasi verbal melalui penuturan kata - kata oleh guru
tanpa diselingi media pendidikan yang menarik. Melihat hal itu perlu
dikembangkan media pendidikan untuk pelajaran matematika. Pada kenyataan
lain, banyak siswa SMP yang gemar membaca komik. Fenomena ini menjadikan
media pendidikan berbentuk komik merupakan salah satu media yang tepat
digunakan siswa agar termotivasi Wltuk belajar matematika. Komik yang
dimaksud dalam penelitian ini adalah komik untuk pelajaran matematika yakni
pada sub pokok bahasan untug dan rugi.
Rumusan masalah dalam penelitian ini yaitu : ( l) adakah perbedaan yang
signifikan hasil belajar siswa yang tidak menggunakan dan menggunakan media
pendidikan berbentuk komik sub pokok bahasan untung dan rugi di SMP Negeri 2
Arjasa kelas Vll semester I tahun ajaran 2004/2005? (2) bagaimana perbedaan
aktivitas siswa yang tidak menggunakan dan menggunkan media pendidikan
berbentuk ko_mjk sub pokok bahasan untung dan rugi di SMP Negeri 2 Arjasa
kelas VII semester I tahun ajaran 2004/2005?.
Pengambilan data diJaksanakan di SMP Negeri 2 Arjasa tahun ajaran
2004/2005 subyek penelitian siswa kelas VIlA dan kelas VIIB mulai tanggal 27
sarnpai tanggal 29 Oktober 2004. Data yang diperoleh dikumpulkan dengan
metode tes, dokumentasi, observasi dan interviu. Analisa data yang digunakan
untuk mengetahui adakah perbedaan basil belajar siswa yang tidak menggunakan
dan menggunakan media pendidikan berbentuk komik adalah ttes sedangkan untuk mengetahui aktivitas sJswa selama proses pembelajaran berlangsung
digunakan rumus persentase yang sebelumnya ditentukan dengan tabel kerja
dengan altematif altematif jawaban.
Dari penelitian ini dihasilkan bahwa ada perbedaan aktivitas dan hasil
belajar siswa yang tidak menggunakan dan menggunakan media pendidikan
berbentuk komik sub pokok bahasan untung dan rugi di SMP Negeri 2 Aijasa
kelas VII semester I tahun ajaran 2004/2005. Hal ini ditunjukkan oleh hasil
tk$ =3,04 kemudian dikonsultasikan dengan t,a~>e1= t ,6697 sehingga hipotesis
alternatifuya diterima, untuk aspek penilaian aktivitas mengalami kecenderungan
meningkat pada kelas V1IA dibandingkan dengan kelas VJIB yang ditunjukkan
oleh basil persentase observasi selarna proses pembelajaran
Saran yang dapat diberikan: (I) Diharapkan media pendidikan berbentuk
komik ini dapat diterapkan oleh guru saat mengajar (2) Berdasarkan temuan
penelitian masih ditemukan beberapa kesatahan, untuk itu bagi siswa yang sering
membuat kesalahan tersebut diberi bimbingan | en_US |