PENGARUH TUGAS MERANGKUM TERHADAP HASIL BELAJAR BIOLOGI BAHAN KAJIAN KEANEKARAGAMAN HEWAN SISWA KELAS 1 CAWU II SLTP NEGERI 1 WONOMERTO PROBOLINGGO TAHUN AJARAN 2001/2001
Abstract
Usaha untuk meningkatkan kesiapan siswa dalam menerima pelajaran,
sehingga keaktifan siswa dalam kegiatan pembelajaran meningkat yang pada
akhimya akan meningkatkan hasil belajar siswa. Perlu diterapkan metode
pemberian tugas merangkum tentang materi biologi yang akan diajarkan oleh
guru. Penggunaan metode tugas merangkum dalam pembelajaran biologi
merupakan salah satu metode yang dapat meningkatkan pemahaman konsep,
prinsip-prinsip biologi. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui pengaruh
tugas merangkum sebelum materi diajarkan terhadap hasil belajar biologi bahan
kajian Keanekaragman Hewan pada siswa kelas I Cawu II SLTP Negeri I
Wonomceto Probolinggo tahun ajaran 200 1/2002. Sampel diambil dengan teknik
Multi Stage Random Sampling sehingga diperoleh 2 kelompok sampel yang
identik, yang diambil dari nilai Pre Tes. Penelitian ini dilaksanakan pada bulan
Januari sampai Maret 2002. Data yang diperoleh dari nilai Post Tes dianalisis
dcngan Uji-t (t-test). Hasil analisis data didapat th,nmp. = 2,84 dan t~ahct = 2,0 I pada
taraf stgntfikansi 95° o. llal int berarti thitung kbih besar dari ttabel · Dengan demikian
dapat diartikan bahwa tugas merangkum berpengaruh secara signifikan terhadap
hasil belajar biologi bahan Kajian Keanekaragaman Hewan Siswa Kelas I Cawu II
SL TPN I Wonomerto Probolinggo Tahun Ajaran 2001 /2002.
Collections
- UT-Faculty of Law [6214]