dc.description.abstract | Keterampilan berbahasa pada dasarnya memiliki empat aspek yakni :
keterampilan menyimak, berbicara, membaca, dan menulis. Keempat keterampilan
tersebut hendaknya mendapat porsi seimbang dan terintegrasi pada pembelajaran
Bahasa Indonesia yang diberikan kepada siswa, sebab keempat keterampilan tersebut
memiliki keterkaitan satu dengan yang lain untuk menuju pada bahasa sebagai alat
komunikasi yang mudah dimengerti. Berdasarkan observasi pada pelajaran Bahasa
Indonesia materi membuat dialog dengan Tema Kesehatan yang dilakukan peneliti
terhadap guru kelas pada saat mengajar diperoleh keterangan hanya 2 siswa yang
mendapat nilai B (skala nilai 70-79), 13 siswa mendapat nilai C (skala nilai 60-69),
dan 7 siswa mendapat nilai D (skala nilai 50-59) dari total 22 siswa.
Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan kemampuan siswa dalam
berbahasa baik secara lisan maupun tulisan dengan baik dan benar yang dibuktikan
dengan peningkatan aktivitas dan hasil belajar siswa dalam pembelajaran Bahasa
Indonesia dengan menggunakan media berupa gambar peristiwa aktual yang diambil
dari media cetak agar siswa dapat berpendapat sekaligus memberikan solusi dari
peristiwa tersebut sesuai perspektif siswa SD.
Pendekatan yang digunakan dalam penelitian ini adalah deskriptif
kualitatif. Subjek penelitian ini yaitu satu kelas di kelas V SDN Mlokorejo 04 Puger
sejumlah 23 Siswa yang terdiri dari 12 laki-laki dan 11 perempuan. Adapun Informan
Peneliti yaitu Guru Kelas V SDN Mlokorejo 04 Puger, Siswa, dan Referensi yang
viii
berkaitan dengan penelitian. Pengumpulan data pada penelitian ini dilakukan dengan
teknik observasi, wawancara, dokumentasi, dan tes. | en_US |