• Login
    View Item 
    •   Home
    • UNDERGRADUATE THESES (Koleksi Skripsi Sarjana)
    • UT-Faculty of Teacher Training and Education
    • View Item
    •   Home
    • UNDERGRADUATE THESES (Koleksi Skripsi Sarjana)
    • UT-Faculty of Teacher Training and Education
    • View Item
    JavaScript is disabled for your browser. Some features of this site may not work without it.

    PENINGKATAN KEMAMPUAN MENGUNGKAPKAN PENDAPAT MELALUI MEDIA GAMBAR DALAM PEMBELAJARAN BAHASA INDONESIA SISWA KELAS V SDN MLOKOREJO 04 PUGER

    No Thumbnail [100%x80]
    View/Open
    HESTY FEBRIAN WIDYANA_001.pdf (587.1Kb)
    Date
    2013-12-08
    Author
    HESTY FEBRIAN WIDYANA
    Metadata
    Show full item record
    Abstract
    Keterampilan berbahasa pada dasarnya memiliki empat aspek yakni : keterampilan menyimak, berbicara, membaca, dan menulis. Keempat keterampilan tersebut hendaknya mendapat porsi seimbang dan terintegrasi pada pembelajaran Bahasa Indonesia yang diberikan kepada siswa, sebab keempat keterampilan tersebut memiliki keterkaitan satu dengan yang lain untuk menuju pada bahasa sebagai alat komunikasi yang mudah dimengerti. Berdasarkan observasi pada pelajaran Bahasa Indonesia materi membuat dialog dengan Tema Kesehatan yang dilakukan peneliti terhadap guru kelas pada saat mengajar diperoleh keterangan hanya 2 siswa yang mendapat nilai B (skala nilai 70-79), 13 siswa mendapat nilai C (skala nilai 60-69), dan 7 siswa mendapat nilai D (skala nilai 50-59) dari total 22 siswa. Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan kemampuan siswa dalam berbahasa baik secara lisan maupun tulisan dengan baik dan benar yang dibuktikan dengan peningkatan aktivitas dan hasil belajar siswa dalam pembelajaran Bahasa Indonesia dengan menggunakan media berupa gambar peristiwa aktual yang diambil dari media cetak agar siswa dapat berpendapat sekaligus memberikan solusi dari peristiwa tersebut sesuai perspektif siswa SD. Pendekatan yang digunakan dalam penelitian ini adalah deskriptif kualitatif. Subjek penelitian ini yaitu satu kelas di kelas V SDN Mlokorejo 04 Puger sejumlah 23 Siswa yang terdiri dari 12 laki-laki dan 11 perempuan. Adapun Informan Peneliti yaitu Guru Kelas V SDN Mlokorejo 04 Puger, Siswa, dan Referensi yang viii berkaitan dengan penelitian. Pengumpulan data pada penelitian ini dilakukan dengan teknik observasi, wawancara, dokumentasi, dan tes.
    URI
    http://repository.unej.ac.id/handle/123456789/6110
    Collections
    • UT-Faculty of Teacher Training and Education [15324]

    UPA-TIK Copyright © 2024  Library University of Jember
    Contact Us | Send Feedback

    Indonesia DSpace Group :

    University of Jember Repository
    IPB University Scientific Repository
    UIN Syarif Hidayatullah Institutional Repository
     

     

    Browse

    All of RepositoryCommunities & CollectionsBy Issue DateAuthorsTitlesSubjectsThis CollectionBy Issue DateAuthorsTitlesSubjects

    My Account

    LoginRegister

    Context

    Edit this item

    UPA-TIK Copyright © 2024  Library University of Jember
    Contact Us | Send Feedback

    Indonesia DSpace Group :

    University of Jember Repository
    IPB University Scientific Repository
    UIN Syarif Hidayatullah Institutional Repository
     

     

    NoThumbnail