• Login
    View Item 
    •   Home
    • UNDERGRADUATE THESES (Koleksi Skripsi Sarjana)
    • UT-Faculty of Law
    • View Item
    •   Home
    • UNDERGRADUATE THESES (Koleksi Skripsi Sarjana)
    • UT-Faculty of Law
    • View Item
    JavaScript is disabled for your browser. Some features of this site may not work without it.

    PENINGKATAN BASIL BELAJAR BIOLOGI MELALUI PENGAJARAN PETA KONSEP SISWA SLTP NEGERI 5 JEMBER KELAS II CAWU 2 TAHUN AJARAN 2000/2001

    Thumbnail
    View/Open
    mohammad syaifudin.pdf (1.402Mb)
    Date
    2015-01-28
    Author
    Mohammad Syaifudin
    Metadata
    Show full item record
    Abstract
    Pelajaran Biologi membutuhkan penguasaan konsep yang menyeluruh agar siswa mampu memahami pengetahuan atau konsep-konsep yang diterimanya, disarnping memadukan konsep-konsep yang ada. Salah satu alternatif pembelajaran yang dapat diterapkan dalarn hal ini adalah peta konsep. Penelitian ini bertujuan untuk rnengetahui perungkatan hasil belajar biologi dan signifikansi perbedaan hasil belajar melalui peta konsep. Rancangan penelitian ini menggunakan model Penelitian Tindakan Kelas (Classroom Action Research). Penelitian tindakan berorientasi pada perbaikan pendidikan dengan melakukan perubahan tindakan kelas yang dikernas dalam 3 siklus. Pelaksanaannya di SL TP Negeri 5 Jember ketas II cawu 2 tahun ajaran 2000/2001 . Penentuan responden penelitian dipilih kelas yang rnernpunyai rata-rata kelas rendah pada ulangan harian bab 4, yaitu kelas IIC 'dengan nilai ratarata kelas 48,7 kernudian diberi tindakan berupa pengajaran dengan peta konsep dan tugas pembuatan peta konsep kepada siswa. Hasil penelitian menunjukkan bahwa perbandingan nilai rata-rata kelas pada ulangan bab 4 dengan bab 5 menggunakan t Ies correlated sample taraf signifikansi 99% dan derajat kebebasan (db) 36 diperoleh t-hitung 10,9 > t-tabel 2,7224. Hal ini rnenunjukkan bahwa ada perbedaan hasil belajar siswa sebelum proses belajar mengajar tanpa peta konsep dengan proses belajar mengajar rnenggunakan peta konsep. Untuk menguji apakah peningkatan hasil belajar benar-benar pengaruh peta konsep maka dibandingkan basil ulangan antara bab 5 dengan bab 6 dcngan t-tes correlated sample didapatkan t-hitung 8 > t-tabcl 2, 7224 yang berarti ada perbedaan yang signifikan an tara hasil ulangan bab 5 dengan bab 6. Kesirnpulannya adalah peta konsep dapat meningkatkan hasil belajar biologi siswa SL TP Negeri 5 Jernber kelas ll cawu 2 tahun ajaran 2000/2001, yang berarti pengajaran rnenggunakan peta konsep lebih berhasil daripada pengajaran tanpa peta konsep.
    URI
    http://repository.unej.ac.id/handle/123456789/61107
    Collections
    • UT-Faculty of Law [6320]

    UPA-TIK Copyright © 2024  Library University of Jember
    Contact Us | Send Feedback

    Indonesia DSpace Group :

    University of Jember Repository
    IPB University Scientific Repository
    UIN Syarif Hidayatullah Institutional Repository
     

     

    Browse

    All of RepositoryCommunities & CollectionsBy Issue DateAuthorsTitlesSubjectsThis CollectionBy Issue DateAuthorsTitlesSubjects

    My Account

    LoginRegister

    Context

    Edit this item

    UPA-TIK Copyright © 2024  Library University of Jember
    Contact Us | Send Feedback

    Indonesia DSpace Group :

    University of Jember Repository
    IPB University Scientific Repository
    UIN Syarif Hidayatullah Institutional Repository