dc.description.abstract | Penelitian ini mengangkat permasalahan tentang bagaimana jenis-jenis
kesalahan, apa faktor penyebab kesalahan dan bagaimana alternatif untuk
mengatasi penyebab kesalahan dalam mengetjakan soal-soal biologi kelas 2
di SL TP Negeri 1 Bondowoso.
Tujuan penelitian ini adalah membantu siswa yang rnengalami kesulitan
belajar sehingga dapat meningkatkan prestasi belajarnya, selain itu juga
bermanfaat bagi guru sebagai tambahan pengayaan cara-cara yang harus
dilakukan dalam menangani dan menyelesaikan, memecahkan masalah
kesulitan belajar yang sedang dialami oleh siswanya.
Penelitian dilakukan dua siklus, masing-masing melalui empat
pentahapan yaitu perencanaan, tindakan, observasi dan refleksi.
Hasil penelitian dapat membeiikan gambaran yang jelas tentang jenis
kesalahan siswa. Ada dua kategoti kesalahan yang dilakukan siswa
a). kesalahan interprestasi bahasa sebanyak 29 % dan b). kesalahan
penguasaan materi sebanyak 27 % yang kesemuanya disebabkan karena
kurangnya minat baca siswa terhadap buku paket materi pelajaran biologi.
Saran yang dapat diberikan hendaknya guru betul-betul melibatkan
siswa dalam proses belajar mengajar, lebih banyak memberikan penanaman
konsep lewat membaca buku paket maupun buku-buku lain yang relevan, baik
di sekolah, di perpustakaan ataupun di rumah, sehingga frekuensi baca dan
teknik penyerapannya akan seoptimal mungkin | en_US |