dc.description.abstract | Belajar dan mengajar merupakan dua konsep yang tidak dapat dipisahkan satu
sama lain. Dua konsep tersebut menjadi terpadu manakala terjadi interaksi antara
guru-siswa, siswa-siswa pada saat pengajaran itu berlangsung. Keberhasilan
rnengungkapkan hasil dan proses belajar rnengajar siswa sebagaimana adanya sangat
tergantung pada kualitas alat penilaiannya di samping cara pelaksanaannya. Suatu alat
penilaian dikatakan mempunyai kualitas yang baik apabila alat penilaian tesrsebut
memiliki atau memenuhi dua hal yaitu ketepatannya atau validitasnya dan
ketetapannya atau reliabilitasnya. Guru yang sudah berpengalaman mengajar dan
menyusun soal-soal, juga masih sukar menyadari bahwa, tes yang disusun belum
sempuma, mereka beranggapan bahwa yang menjadi hasil karyanya adalah yang
terbaik atau setidaknya cukup baik. Oleh karena itu cara yang paling baik adalah
melihat hasil yang diperoleh oleh siswa. Atas dasar itulah peneliti ingin menganalisis
soal Biolog buatan guru SL TP Negeri 5 Jember berdasarkan vallditas dan
reliabilitasnya.
Penelitian ini dilaksanakan pada tanggal 10 Febuari dan pada tanggal 17
Febuari 2000 dengan mengambil data berupa soal ulangan harian yang d1buat oleh
guru dan daftar nilai u1angan harian siswa pada pokok bahasan penurunan sifat.
Teknik pengolahan data dalam penelitian ini rnel1puti beberapa tahap:(1 )
menganalisis soal Biologi buatan guru berdasarkan validitas isi dan validitas
konstruks1, (2) menganahs1s soal ulangan harian s1swa berdasarkan tingkat reliabilitas
tes ulang dengan cara mengolah nilai siswa. Hasil yang diperoleh bahwa soal biolog1
buatan guru SL TP Negeri 5 Jember yang telah memenuhi va1id1tas is1 adalah
sebanyak 83,3 % dari soal dan yang memenuhi validitas konstruksi adalah sebanyak
60 % dari soal, dandiperoleh harga t observasi > t tabel yaitu 3,567 > 2,02 yang
menunjukkan bahwa, tes tersebut memiliki reliabilitas soal yang tinggi. | en_US |